UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PELAJARAN PAI SISWA KELAS V SD MUHAMADIYAH SIDOARUM GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

RUSMILA DEWI - NIM. 05410127, (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PELAJARAN PAI SISWA KELAS V SD MUHAMADIYAH SIDOARUM GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qu'an siswa dalam pelajaran PAI kelas V SD Muhammadiyah Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah lemahnya proses pembelajaran yang berkembang dewasa ini. Pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan segudang informasi. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai oleh guru selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipatif dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi lansung, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunakan yaitu analisa data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Data kuantitatif, untuk menganalisanya penulis menggunkan uji quot;t quot;. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI melalui model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT), telah dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur'an siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam prestasi belajar membaca Al-Qur'an, pada siklus I sebesar 60,00% dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat sebesar 80,00% dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar pada siklus I sebesar 72,6% dengan kategori tinggi, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,2% dengan kategori tinggi. Dan nilai rata-rata tes kemampuan membaca Al-Qur'an pada siklus I sebesar 73% dengan kategori tinggi, pada siklus II mengalami peningkatan ssebesar 83,2% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative learning tipe TGT dalam kategori baik, prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI dalam kategori baik, dan pengaruh model pembelajaran TGT terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Muhammadiyah Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: meningkatkan prestasi belajar, Teams Games Tournament (TGT)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3548

Actions (login required)

View Item View Item