RANCANG BANGUN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED UNTUK MENDUKUNG ANALISIS LEMAK BABI DAN SAPI

Rochan Rifai, NIM. 14620034 (2019) RANCANG BANGUN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED UNTUK MENDUKUNG ANALISIS LEMAK BABI DAN SAPI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED UNTUK MENDUKUNG ANALISIS LEMAK BABI DAN SAPI)
14620034_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN FLUORESCENCE IMAGING SYSTEM BERBASIS HIGH POWER UV-LED UNTUK MENDUKUNG ANALISIS LEMAK BABI DAN SAPI)
14620034_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Autentifikasi kehalalan pangan merupakan hal yang penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Untuk mendukung autentifikasi kehalalan pangan, metode yang lebih efektif dan efisien perlu dikembangkan dalam menjamin kehalalan pangan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode fluorescence imaging. Penelitian ini bertujuan untuk membuat fluorescence imaging system berbasis high ower UV-LED untuk mendukung analisis lemak babi dan sapi. Sistem ini menggunakan high power UV-LED sebagai sumber eksitasi yang memancarkan sinar UV 365 nm, webcam M-Tech WB100 untuk akusisi citra, dan software yang dibuat dengan NI VISION LabVIEW sebagai software analisis citra. Dari pengujian yang telah dilakukan, fluoresensi muncul pada kedua jenis lemak dan menunjukan perbedaan fluoresensi baik dari citra, spektrum warna atau histogram warna rata-rata. Secara visual, citra lemak babi nampak berwarna kebiruan sedangkan citra lemak sapi berwarna cyan. Adapun dari spektrum warna, lemak babi memiliki puncak spektrum pada bins ke-35 sedangkan lemak sapi berada pada bins ke-32. Dari analisis histogram warna rata-rata, citra lemak babi memiliki intensitas fluorensensi yang lebih tinggi dibanding lemak sapi. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa fluorescence imaging system yang dibuat dapat digunakan untuk mendukung analisis lemak babi dan sapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Frida Agung Rakhmadi, S.Si., M.Sc. dan Bapak Khamidinal, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Fluorescence, Fluorescen
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 15:51
Last Modified: 11 Jul 2019 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum