EDWIN ISWIYANTO, NIM. 13690023 (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANDUL SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB-A YAAT KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANDUL SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB-A YAAT KLATEN)
1369023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
|
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BANDUL SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI SLB-A YAAT KLATEN)
1369023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya untuk peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten pada materi getaran, (2) Mengetahui kualitas alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya untuk peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten pada materi getaran, (3) Mengetahui respon peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten terhadap alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya pada pembelajaran IPA materi getaran, (4) Mengetahui keterlaksanaan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya pada pembelajaran IPA materi getaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D meggunakan prosedur pengembangan model 4-D yang melibatkan 4 langkah utama yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop yakni bagian uji luas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk, lembar penilaian, lembar respon peserta didik tunanetra, dan lembar uji keterlaksanaan. Penilaian produk menggunakan skala likert dalam bentuk checklist dengan 4 skala, respon peserta didik menggunakan skala guttman dalam bentuk checklist, dan uji keterlasksanaan oleh observer menggunakan angket terbuka. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dihasilkan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya untuk peserta didik tunanetra kelas VIII di SLB-A YAAT Klaten pada materi getaran (2) Kualitas alat peraga bandul sederhana menunjukkan kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,44 oleh ahli materi, 3,88 oleh ahli media, dan 3,83 oleh pendidik IPA. Penilaian buku panduan alat peraga bandul sederhana untuk peserta didik tunanetra menunjukkan kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,61 oleh ahli media dan 3,74 oleh pendidik IPA. Sedangkan menurut ahli materi menunjukkan kategori Baik (B) dengan skor rata-rata 3,25 (3) Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan pada uji terbatas menunjukkan kategori Setuju (S) dengan skor rata-rata 1 (4) Keterlaksanaan alat peraga bandul sederhana dan buku panduannya menujukkan bahwa peserta didik dapat menggunakan produk yang dikembangkan secara mandiri, aman, dan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Winarti, M.Pd.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Alat Peraga, Bandul Sederhana, Peserta Didik Tunanetra |
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 09:41 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 09:41 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35495 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |