INTEGRASI MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RS ‘AISYIYAH BOJONEGORO

Syukur Fannani, NIM. 13660006 (2019) INTEGRASI MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RS ‘AISYIYAH BOJONEGORO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RS ‘AISYIYAH BOJONEGORO)
13660006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RS ‘AISYIYAH BOJONEGORO)
13660006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu industri atau organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Oleh karena itu, perkembangan industri rumah sakit semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh RS ‘Aisyiyah Bojonegoro menggunakan metode SERVQUAL dan Quality Function Deployment. Objek penelitian ini adalah pasien rawat inap atau keluarga pasien berusia 18 sampai <55 tahun di RS ‘Aisyiyah Bojonegoro kelas dua dan tiga yaitu kamar Bir’ali dan Muzdalifah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 150 kuesioner. Item pernyataan yang digunakan mengacu pada dimensi kualitas jasa menurut Parasuraman et.al (1988) yaitu bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy). Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa pasien merasa kurang puas terhadap kualitas pelayanan RS ‘Aisyiyah Bojonegoro dengan ditunjukkannya nilai skor servqual negatif. Tidak ada satupun atribut yang bernilai posistif sehingga perlu adanya perbaikan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Kifayah Amar, S.T., M.Sc.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: industri jasa, servqual, quality function deployment
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jul 2019 10:00
Last Modified: 05 Jul 2019 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35497

Actions (login required)

View Item View Item