PENGUKURAN RELIABILITAS MANUSIA DENGAN METODE HEART (HUMAN ERROR ASSESSMENT and REDUCTION TECHNIQUE) DAN SHERPA (SYSTEMATIC HUMAN ERROR REDUCTION and PREDICTION APPROACH) PADA OPERATOR PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL

Laiela Kencana Sari, NIM. 14660045 (2019) PENGUKURAN RELIABILITAS MANUSIA DENGAN METODE HEART (HUMAN ERROR ASSESSMENT and REDUCTION TECHNIQUE) DAN SHERPA (SYSTEMATIC HUMAN ERROR REDUCTION and PREDICTION APPROACH) PADA OPERATOR PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGUKURAN RELIABILITAS MANUSIA DENGAN METODE HEART (HUMAN ERROR ASSESSMENT and REDUCTION TECHNIQUE) DAN SHERPA (SYSTEMATIC HUMAN ERROR REDUCTION and PREDICTION APPROACH) PADA OPERATOR PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL)
14660045_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGUKURAN RELIABILITAS MANUSIA DENGAN METODE HEART (HUMAN ERROR ASSESSMENT and REDUCTION TECHNIQUE) DAN SHERPA (SYSTEMATIC HUMAN ERROR REDUCTION and PREDICTION APPROACH) PADA OPERATOR PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL)
14660045_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

PT. Mandiri Jogja Internasional merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pembuatan tas dan sepatu kulit. Sejak awal tahun 2018, tuntutat pelanggan terhadap kualitas produk semakin meningkat. Sehingga terjadi penurunan jumlah pesanan tas pada tahun 2018. Penelitian dilakukan untuk mengetahui reliabilitas dari operator bagian pemotongan dan penjahitan pada pekerjaan yang memiliki kemungkinan menyebabkan cacat produk. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode SHERPA dan HEART. Hasil penelitian pada pengolahan SHERPA menunjukkan bahwa jenis error yang sering terjadi pada bagian pemotongan adalah A5 yaitu yaitu pekerjaan dilaksanakan tidak sesuai dengan yang seharusnya dan untuk bagian penjahitan adalah A8 yaitu pekerjaan tidak dilakukan. Hasil pengukuran dengan metode HEART yaitu besar nilai HEP terbesar pada bagian pemotongan adalah 0.2430 pada task cek cutter dan pada bagian penjahitan sebesar 0.1901 adalah task cek ketajaman jarum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farihah, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Human error, SHERPA, HEART, Reliabilitas
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jul 2019 03:32
Last Modified: 05 Jul 2019 03:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35504

Actions (login required)

View Item View Item