FAKTOR-FAKTOR PENENTU AUDIT FEE: Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia

NURI EKA PRATIWI, NIM. 15840003 (2019) FAKTOR-FAKTOR PENENTU AUDIT FEE: Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR PENENTU AUDIT FEE: Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia)
15840003_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR PENENTU AUDIT FEE: Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia)
15840003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Audit laporan keuangan dari perusahaan-perusahaan besar sangat diperlukan untuk mengfungsikan pasar sekuritas nasional. Auditor eksternal memiliki tanggungjawab untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja keuangan perusahaan melalui media laporan keuangan. Upaya pengawasan tersebut menimbulkan adanya sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan atas jasa yang dilakukan oleh auditor eksternal tersebut yang disebut dengan audit fee. Namun, selain perusahaan dan auditor, pemegang saham pada khususnya dan masyarakat pada umumnya prihatin bahwa audit fee tidak diatur pada tingkat tertentu (terlalu tinggi atau terlalu rendah), hal itu dapat merusak kepercayaan pada opini audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi audit fee yang dibayarkan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan 41 sampel perusahaan dalam lima tahun. Analisis data menggunakan model regresi data panel dengan Eviews versi 9. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel ukuran perusahaan dan reputasi KAP terhadap audit fee. Hasil dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa audit fee tidak dipengaruhi oleh variabel kompleksitas perusahaan, risiko perusahaan, profitabilitas, audit tenure, dan cost audit. Kata Kunci: Audit Fee, Ukuran Perusahaan, Kompleksitas Perusahaan, Risiko Perusahaan, Profitabilitas, Audit Tenure, Reputasi KAP, Dan Cost Audit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yayu Putri Senjani, SE., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Audit Fee, Ukuran Perusahaan, Kompleksitas Perusahaan, Risiko Perusahaan, Profitabilitas, Audit Tenure, Reputasi KAP, Dan Cost Audit.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:44
Last Modified: 18 Feb 2020 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum