ANALISIS PERBANDINGAN AKURASI PREDIKSI KEBANGKRUTAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE MODEL, ZMIJEWSKI, DAN GROVER PADA PERUSAHAAN YANG DELISTING DI ISSI

LATIFAUL KHASANAH, NIM. 14830008 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN AKURASI PREDIKSI KEBANGKRUTAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE MODEL, ZMIJEWSKI, DAN GROVER PADA PERUSAHAAN YANG DELISTING DI ISSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN AKURASI PREDIKSI KEBANGKRUTAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE MODEL, ZMIJEWSKI, DAN GROVER PADA PERUSAHAAN YANG DELISTING DI ISSI)
14830008_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN AKURASI PREDIKSI KEBANGKRUTAN MODEL ALTMAN Z-SCORE, SPRINGATE MODEL, ZMIJEWSKI, DAN GROVER PADA PERUSAHAAN YANG DELISTING DI ISSI)
14830008_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda kebangkrutan suatu perusahaan. Metode yang digunakan adalah denggan menggunakan analisis model Altman Z- Score, Springate Model, Zmijewski, dan Grover menggunakan data laporan keuangan dan diolah agar mengetahui bagaimana kondisi suatu perusahaan. Selain itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui model mana yang paling akurat dalam memprediksi perusahaan jasa yang mengalami delisting. Jenis penelitian ini yaitu penelitian empiris, dimana merupakan penelitian terhadap fakta empiris yang diperoleh berdasarkan observasi atau pengalaman dan menggunakan data sekunder. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 9 perusahaan jasa. Data dianalisis dengan kempat metode kebangkrutan dan juga menggunakan perhitungan tingkat akurasi dari setiap metode prediksi kebangkrutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Springate dengan nilai tingkat akurasi sebesar 77,77%. Dan apabila keempat metode digunakan secara bersama-sama, maka keempat metode tersebut tidak mampu memprediksi perusahaan jasa yang delisting karena hanya terdapat satu perusahaan yang hasilnya sama. Kata kunci: Kebangkrutan, metode Altman, metode Springate, metode Zmijewski, metode Grover, delisting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E,. M.Si., Ak, CA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kebangkrutan, metode Altman, metode Springate, metode Zmijewski, metode Grover, delisting.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:45
Last Modified: 18 Feb 2020 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum