FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLATILITAS HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2017

NURUL JUWITANINGSIH, NIM: 15840022 (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLATILITAS HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLATILITAS HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2017)
15840022_BAB I_IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLATILITAS HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2012-2017)
15840022_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Harga saham yang paling fluktuatif salah satunya adalah sektor pertambangan. Perusahaan pertambangan membutuhkan modal yang sangat besar dalam mengeksplorasi dan mengembangkan sumber daya alam sehingga banyak perusahaan pertambangan yang menyerap investasi dalam pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dividend yield, dividend payout, BVPS, leverage, PER, EPS dan NPM terhadap volatilitas harga saham pada perusahaan pertambangan di Indonesia yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia pada periode 2012-2017. Populasi penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia mengambil sampel dari sebanyak 9 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan BEI. Hasilnya dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan alat statistik SPSS versi 25. Penelitian ini menghasilkan tujuh temuan. Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa dividend yield yang tinggi akan membuat volatilitas menjadi turun. Kedua, ditemukan dividend payout yang tinggi akan disukai investor dan membuat volatilitas menjadi turun. Ketiga, hasil penelitian menunjukkan bahwa BVPS yang tinggi akan diminati dan volatilitas akan naik. Keempat, bahwa NPM memiliki kandungan informasi laba yang membuat investor tertarik sehingga terjadi kenaikan volatilitas harga saham. Kelima, hasil penelitian menunujukkan PER memiliki keterkaitan dengan meningkatnya volatilitas harga saham. Keenam, hasil pengujian EPS yang tinggi akan diminati investor karena mengandung sinyal profitabilitas dan berimbas pada kenaikan harga saham. Ketujuh, leverage menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap volatilitas harga saham disebabkan perusahaan cenderung menggunakan modalnya daripada hutang untuk mengelola aktivitas perusahaan. Kata Kunci: Volatilitas Harga Saham, Dividend Yield, Dividend Payout, BVPS, Leverage, PER, EPS, NPM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiyansyah, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Volatilitas Harga Saham, Dividend Yield, Dividend Payout, BVPS, Leverage, PER, EPS, NPM.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:46
Last Modified: 18 Feb 2020 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum