PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL (Studi Nilai-Nilai PAI dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama)

TATIK KHALIFAH, NIM. 15410040 (2019) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL (Studi Nilai-Nilai PAI dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL (Studi Nilai-Nilai PAI dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama))
15410040_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (150MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BUDAYA LOKAL (Studi Nilai-Nilai PAI dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama))
15410040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

TATIK KHALIFAH. Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal (Studi Nilai-nilai PAI dalam Wayang Kekayon Khalifah Lakon Mulabukaning Dakwah Rasul Karya Ki Lutfi Caritagama). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dab Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan sejarahnya, wayang memiliki fungsi yang terus berkembang dari sarana pemujaan menjadi alat peraga agama. Pada masa sekarang wayang sudah beralih fungsi menjadi hiburan masyarakat. Perubahan ini dipengaruhi oleh perubahan sistem nilai yang ada di masyarakat sebagai akibat dari proses modernisasi. Pada saat ini, wayang juga sudah berkembang dengan berbagai macam jenisnya. Hal ini bisa disebabkan karena tuntutan zaman, sehingga wayang perlu berkembang agar tetap diminati oleh berbagai kalangan. Jenis-jenis wayang tersebut diantaranya adalah wayang kulit, wayang golek, wayang beber, dan masih banyak lagi jenisnya. Wayang Kekayon Khalifah merupakan wayang jenis baru dengan desain wayang dan cerita yang berbeda dengan wayang yang lain. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai wayang ini yang mana perlu di analisis nilai-nilai PAI yang tertuang di dalamnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan konten analisis. Subjek penelitian ini dalang dan panitia yang mengadakan pertunjukan Wayang Kekayon Khalifah. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Analisis datayang dgunakan adalah metode deskriptif analitik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dasar strategi nilai PAI dalam pertunjukan berupa pendidikan dan dakwah Islam yang tertuang dalam pembatasan pendukung wayang, desain, cerita, dan media-media yang digunakan dalam pertunjukan. 2). relevansinya terhadap pembelajaran PAI adalah alur ceritanya berkaitan dengan materi PAI dan berfungsi sebagai edutaiment, tatanan, dan tuntunan dalam kehidupan. 3) nilai-nilai PAI yang terkandung dalam Wayang Kekayon Khalifah terbagi dalam lima bagian yaitu berdasarkan materi PAI, konsep wayang, pertunjukan, dan alur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Wayang, Sirah Nabawiyah, Dalang
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:41
Last Modified: 18 Feb 2020 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum