ANALISIS LIKUIDITAS MENGGUNAKAN RASIO ARUS KAS DAN RASIO TRADISIONAL: PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) TAHUN 2013-2017

PRASNA HESTU SWASTA, NIM. 15840012 (2019) ANALISIS LIKUIDITAS MENGGUNAKAN RASIO ARUS KAS DAN RASIO TRADISIONAL: PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS LIKUIDITAS MENGGUNAKAN RASIO ARUS KAS DAN RASIO TRADISIONAL: PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) TAHUN 2013-2017)
15840012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS LIKUIDITAS MENGGUNAKAN RASIO ARUS KAS DAN RASIO TRADISIONAL: PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) TAHUN 2013-2017)
15840012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi serta teknologi dan informasi menuntut adanya laporan keuangan yang relevan bagi pengguna laporan keuangan. Diberlakukannya peraturan mengenai laporan arus kas adalah salah satu cara untuk mengatasi kelemahan dari rasio tradisional. Oleh para ahli rasio arus kas dianggap lebih baik dalam memprediksi likuiditas perusahaan dibandingkan dengan rasio tradisional. Likuiditas perusahaan sangat penting untuk diketahui untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Seberapapun profit yang dimiliki oleh perusahaan apabila sebuah perusahaan tidak likuid maka dianggap bangkrut. Di Indonesia sendiri prosedur pernyataan kebangkrutan melalui proses yang panjang, oleh karenanya dapat digunakan beberapa metode prediksi kebangkrutan salah satunya adalah Altman Z Score. Penelitian ini menguji benarkah rasio arus kas lebih baik dalam memprediksi likuiditas perusahaan dibuktikan dengan pengujian kebangkrutan perusahaan metode Altman Z Score. Variabel yang digunakan adalah rasio-rasio rumus Altman Z Score, rasio arus kas dan rasio tradisional. Sampel penelitian diambil dari perusahaan sektor industri barang konsumsi di ISSI tahun 2013-2017. Data penelitian menggunakan data panel yang diuji menggunakan SPSS 25 dengan uji statistik deskriptif, uji beda T dan uji ordinal logistik. Kemudian akan diuji dan diperbandingkan hasil rasio arus kas dan tradisional terhadap hasil uji kebangkrutan perusahaan Altman Z Score. Hasil pengujian menunjukkan rasio arus kas lebih baik dalam memprediksi likuiditas perusahaan, dibuktikan dengan hasil uji kebangkrutan menunjukkan perusahaan bangkrut, rasio arus kas buruk namun rasio tradisional bernilai positif. Kata kunci: Rasio Arus Kas, Rasio Tradisional, Likuiditas, Kebangkrutan dan Altman Z Scores.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M. Si., Ak, CA, ACPA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Rasio Arus Kas, Rasio Tradisional, Likuiditas, Kebangkrutan dan Altman Z Scores.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:58
Last Modified: 19 Feb 2020 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum