THE NINE GOLDEN HABITS (Studi Atas Implementasi The Nine Golden Habits di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara)

Ardan Rizky Fadilah, NIM. 15410047 (2019) THE NINE GOLDEN HABITS (Studi Atas Implementasi The Nine Golden Habits di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (THE NINE GOLDEN HABITS (Studi Atas Implementasi The Nine Golden Habits di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara))
15410047_BAB I_ IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (THE NINE GOLDEN HABITS (Studi Atas Implementasi The Nine Golden Habits di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara))
15410047_BAB II_ III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ardan Rizky Fadilah. THE NINE GOLDEN HABITS (Studi Atas Implementasi The Nine Golden Habits di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara) 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi The Nine Golden Habits di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Di dalamnya terdapat sembilan kebiasaan emas yang terdiri dari tertib sholat, tertib puasa sunah, tertib zakat infak sedekah, tertib beradab islami, tertib tadarus Al-Qur’’an, tertib membaca setiap hari, tertib menghadiri pengajian, tertib berjemaah dan berorganisasi, dan berpikir positif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa siswi SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan dalam membiasakan sesuatu adalah tahap berpikir dan perekaman, tahap pelaksanaan, tahap penyimpanan, tahap pengulangan, dan yang terakhir tahap kebiasaan (2) The Nine Golden Habits telah x diimplementasikan secara keseluruhan, baik dengan cara memberi arahan, nasehat, penekanan, maupun dipadukan dengan kegiatan yang relevan. Namun, tidak ada penilaian untuk mengukur apakah siswa sudah menerapkan keseluruhan kebiasaan tersebut. Penilaian dilakukan berdasarkan pengamatan guru ketika siswa di sekolah (3) Dengan diimplementasikannya The Nine Golden Habits, siswa merasa lebih dekat dengan Allah, lebih baik dalam hal akademis, lebih bisa menjaga tutur kata, lebih tertib sholat, ada peningkatan puasa sunah, lebih sabar dan ikhlas, menjadi pribadi yang gemar berbaik sangka, dan membuat hati menjadi tenang. Peningkatan tersebut siswa rasakan setelah mengetahui dan menerapkan The Nine Golden Habits dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: golden habits, pembiasaan, akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:52
Last Modified: 19 Feb 2020 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum