PENGARUH RETURN ON ASSETS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017) SKRIPSI

JAVA MAHBUBILLAH NIBRAS, NIM:15840013 (2019) PENGARUH RETURN ON ASSETS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RETURN ON ASSETS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017) SKRIPSI)
15840013_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RETURN ON ASSETS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017) SKRIPSI)
15840013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu kontribusi yang menyumbang pendapatan terbesar bagi negara baik itu yang berasal dari individu maupun dari perusahaan-perusahaan. Pajak bagi perusahaan merupakan beban yang dapat mengurangi laba perusahaan, sedangkan pajak bagi negara merupakan pendapatan yang akan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan. Perbedaan kepentingan inilah yang menyebabkan perusahaan melakukan pengelolaan beban pajak, baik secara legal maupun ilegal. Penghindaran pajak (tax avoidance) merupakan salah satu cara perusahaan dalam mengelola beban pajaknya secara legal, dimana metode dan teknik yang digunakan cenderung memanfaatkan kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam undang-undang dan peraturan perpajakan itu sendiri untuk memperkecil jumlah pajak yang dibayarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh return on assets, leverage, ukuran perusahaan, reputasi auditor, dan capital intensity terhadap tax avoidance. Peneliti mengambil studi kasus pada perusahaan yang tercatat di Indeks Syaham Syariah (ISSI) pada tahun 2012 sampai 2017. Data yang didapat berjumlah 138 yang terdiri 23 perusahaan. Regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel, di mana terpilih Random Effect sebagai model regresi yang tepat dengan menggunakan alat uji Eviews versi 9. Dalam regresi ini, diperoleh hasil bahwa ROA dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance, Sementara leverage dan reputasi auditor berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Sedangkan capital intensity yang diukur dengan intensitas aset tetap tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Kata Kunci: Tax Avoidance, Return on Assets, Leverage, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Capital Intensity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SOFYAN HADINATA, S.E., M.SC., AK., CA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tax Avoidance, Return on Assets, Leverage, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Capital Intensity.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:59
Last Modified: 19 Feb 2020 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum