MANAJEMEN LABA DI PERBANKAN SYARIAH (ANALISIS KESEHATAN BANK PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA)

KHOFIYATU RUMZANAH, NIM: 15840020 (2019) MANAJEMEN LABA DI PERBANKAN SYARIAH (ANALISIS KESEHATAN BANK PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN LABA DI PERBANKAN SYARIAH (ANALISIS KESEHATAN BANK PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA))
15840020_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN LABA DI PERBANKAN SYARIAH (ANALISIS KESEHATAN BANK PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA))
15840020_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Manajemen laba sering menimbulkan kontroversi baik dari sisi akuntansi maupun dari sisi etika. Dari sudut akuntansi, manajemen laba dipandang bertentangan dengan prinsip netralitas. Sementara itu, dari sisi etika, manajemen laba memunculkan problematika etis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat kesehatan bank terhadap manajemen laba. Penilaian tingkat kesehatan bank dinilai dengan menggunakan pendekatan berbasis risiko (Risk-based Bank Rating), yaitu menggunakan penilaian terhadap faktor-faktor risk profile, good corporate governance, earnings, dan capital (RGEC) yang diproksikan dengan NPF (Net Performing Financial), ukuran dewan, BOPO (Biaya Operasional terhadap pendapatan operasional), ROA (Return on Assets), dan CAR (Capital Adequacy Ratio). Penelitian ini menggunakan data dari 10 Bank Umum Syariah periode 2013-2017. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda yang diuji menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NPF dan CAR berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba sedangkan variabel ukuran dewan, BOPO dan ROA tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci: Manajemen laba, tingkat kesehatan bank, NPF (Net Performing Financial), ukuran dewan, BOPO (Biaya Operasional terhadap pendapatan operasional), ROA (Return on Assets), dan CAR (Capital Adequacy Ratio).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Haris, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen laba, tingkat kesehatan bank, NPF (Net Performing Financial), ukuran dewan, BOPO (Biaya Operasional terhadap pendapatan operasional), ROA (Return on Assets), dan CAR (Capital Adequacy Ratio).
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:59
Last Modified: 19 Feb 2020 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum