PENGARUH LIQUIDITY, PROFITABILITY, FIRM SIZE, GROWTH OPPORTUNITY, DAN TANGIBILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2013-2017 (STUDI KOMPARATIF STRUKTUR MODAL DI INDONESIA DAN MALAYSIA)

NOOR KIRANA MUHARAINI, NIM. 15840053 (2019) PENGARUH LIQUIDITY, PROFITABILITY, FIRM SIZE, GROWTH OPPORTUNITY, DAN TANGIBILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2013-2017 (STUDI KOMPARATIF STRUKTUR MODAL DI INDONESIA DAN MALAYSIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LIQUIDITY, PROFITABILITY, FIRM SIZE, GROWTH OPPORTUNITY, DAN TANGIBILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2013-2017 (STUDI KOMPARATIF STRUKTUR MODAL DI INDONESIA DAN MALAY)
15840053_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LIQUIDITY, PROFITABILITY, FIRM SIZE, GROWTH OPPORTUNITY, DAN TANGIBILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA PERIODE 2013-2017 (STUDI KOMPARATIF STRUKTUR MODAL DI INDONESIA DAN MALAY)
15840053_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Seorang manajer perusahaan perlu memiliki pengetahuan dan kesadaran mengenai struktur modal. Informasi mengenai struktur modal tidak hanya berlaku untuk pemegang saham dan investor saja. Informasi tersebut juga untuk kreditor karena keputusan pembiayaan perusahaan banyak bergantung pada nilai pangsa pasar. Selain itu adanya perbedaan model umum pelaporan keuangan pada Negara Indonesia dan Negara Malaysia menimbulkan adanya perbedaan dalam pengambilan keputusan mengenai struktur modal pada kedua negara tersebut. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi struktur modal, antara lain yakni likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan tangibilitas. Penelitian ini juga untuk menguji perbedaan struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan perusahaan manufaktur berbasis Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Malaysia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di ISSI dan Bursa Efek Malaysia selama periode 2013-2017, sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sampel dengan jumlah 52 perusahaan di Indonesia dan 95 perusahaan di Malaysia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda dengan alat uji Eviews 9, dan uji beda ttest dengan alat uji SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel likuiditas, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan ukuran perusahaan dan tangibilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal. Selain itu terdapat perbedaan struktur modal antara perusahaan manufaktur berbasis Syariah di Indonesia dengan perusahaa manufaktur berbasis Syariah di Malaysia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Indonesia masih menganut sistem hukum investasi dan pembiayaan Continential Europe. Kata kunci: Likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, tangibilitas, struktur modal, and Continential Europe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Haris, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, tangibilitas, struktur modal, and Continential Europe
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2019 13:11
Last Modified: 08 Jul 2019 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum