IMPLEMENTASI METODE HALAQAH DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN PADA SISWA KELAS XI MA ISLAMICCENTER BIN BAZ PUTRI

AFIDA NURRIZQI, NIM. 15410072 (2019) IMPLEMENTASI METODE HALAQAH DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN PADA SISWA KELAS XI MA ISLAMICCENTER BIN BAZ PUTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE HALAQAH DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN PADA SISWA KELAS XI MA ISLAMICCENTER BIN BAZ PUTRI)
15410072_AFIDA NURRIZQI_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE HALAQAH DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN PADA SISWA KELAS XI MA ISLAMICCENTER BIN BAZ PUTRI)
15410072_AFIDA NURRIZQI_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

AFIDA NURRIZQI: Implementasi Metode Halaqah dalam Program Tahfidzul Quran Pada Siswa Kelas XI MA di Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz Putri. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang yang diangkat oleh peneliti pada penelitian ini, di masa sekarang. orang-orang muslim banyak ditemukan kesalahan dan belum baik dalam membaca maupun kesulitan dalam menghafal Alquran, kesalahan-kesalahan yang terjadi bahkan tidak sedikit, hal itu berakibat fatal karena bisa jadi terdapat makna yang berbeda dari makna aslinya. Apalagi jika kesalahan tersebut tidak diperbaiki, terlebih lagi oleh seorang hafidz Alquran. Hal ini akan berakibat tidak baik untuk generasi umat islam. Oleh kerena itu pandangan peneliti terhadap Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta sebagai sebuah pondok pesantren modern cukup berhasil dalam memfasilitasi para santriwati yang memiliki kemampuan beragam dalam program Tahfidzul Quran menggunakan metode halaqah. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui implementasi metode halaqah dan untuk mengetahui problem atau kendala yang sering muncul dalam implementasi halaqah pada program Tahfidzul Quran di Islamic Center Bin Baz Putri. Metode halaqah pada program Tahfidzul Quran di Islamic Center Bin Baz Putri memiliki karakteristik: 1. Tingkatan berbeda-beda yang diberikan pada santriwati. Disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. 2. Sabaq (hafalan baru), sabqi (hafalan yang telah dihafal namun belum genap satu juz) dan manzil (seluruh hafalan yang telah dihafal santri) merupakan ciri khas yang ada di dalam metode halaqah yang diterapkan di Islamic Center xi Bin Baz Putri. 3. Metode pembelajaran halaqah cukup efektif sebagai sarana dalam mengajarkan Tahfidzul Quran di masa sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran halaqah yang dikembangkan oleh Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta memperhatikan tingkatan kemampuan para santriwati sehingga pembelajaran Tahfidzul Quran disusun dengan pengelompokan tingkatan kemampuan, selain itu metode halaqah di Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta sesuai dengan metode pendidikan sehingga dapat dijadikan alternatif dalam program Tahfidzul Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Halaqah, Program Tahfidzul Quran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:10
Last Modified: 19 Feb 2020 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum