PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INFRASTRUKTUR PANJANG JALAN, EKSPOR, DAN IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2010-2017 (STUDI KASUS: 7 PROVINSI DI INDONESIA)

MELIYA SUSANTI, NIM 14810008 (2019) PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INFRASTRUKTUR PANJANG JALAN, EKSPOR, DAN IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2010-2017 (STUDI KASUS: 7 PROVINSI DI INDONESIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INFRASTRUKTUR PANJANG JALAN, EKSPOR, DAN IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2010-2017 (STUDI KASUS: 7 PROVINSI DI INDONESIA))
14810008_Bab I_Bab V_Dapus.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL, INFRASTRUKTUR PANJANG JALAN, EKSPOR, DAN IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2010-2017 (STUDI KASUS: 7 PROVINSI DI INDONESIA))
14810008_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Laju pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu bentuk ukuran disuatu negara bergerak maju atau tidak, dengan cara membandingkan nilai pendapatan negara tahun sekarang dengan nilai pendapatan negara tahun sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis bagaimana dampak adanya desentralisasi fiskal, infrastruktur panjang jalan, ekspor, dan impor terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah provinsi-provinsi di Indonesia yang memiliki nilai ekspor tinggi di antara provinsi-provinsi di Indonesia lainnya, diantaranya adalah provinsi Jawa Barat, provinsi Jawa Timur, provinsi Riau, provinsi Kepulauan Riau, provinsi Sumatera Utara, provinsi Sumatera Selatan, dan provinsi Lampung. Dalam penelitian menggunakan alat statistik e-views 9, dengan analisis regresi data panel yang menggunakan data cross-section sebanyak 7, atau 7 provinsi, dan data rentang waktu sebanyak 8 tahun, atau periode 2010-2017. Untuk menentukan hasil model terbaik yaitu common effect, fixed effect, dan random effect, pada uji analisis regresi panel harus melakukan pengujian spesifikasi model, diantaranya adalah uji chow, uji hausman, dan uji LM. Berdasarkan hasil uji spesifikasi model dihasilkan model terbaik yang terpilih adalah fixed effect model. Berdasarkan hasil pengujian regresi panel menyatakan apabila desentralisasi fiskal, infrastruktur panjang jalan, ekspor, dan impor berpengaruh signifikan secara simultan terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan hasil regresi panel, desentralisasi fiskal tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap laju pertumbuhan ekonomi, dan yang berpengaruh secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi adalah infratsruktur panjang jalan, nilai ekspor, dan nilai impor. Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Desentralisasi Fiskal, Infrastruktur Panjang Jalan, Ekspor, dan Impor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Desentralisasi Fiskal, Infrastruktur Panjang Jalan, Ekspor, dan Impor.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Feb 2020 09:56
Last Modified: 20 Feb 2020 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum