FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011-2017

ADINDA SALSABILA, NIM. 14810070 (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011-2017)
14810070_BAB I_BAB_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011-2017)
14810070_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pengentasan kemiskinan dan ketimpangan distribusi pendapatan merupakan inti dari masalah pembangunan dan tujuan utama dalam kebijakan pembangunan di banyak Negara yang sedang berkembang termasuk di Indonesia. Terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor ekonomi maupun non ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2011-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa crossection 14 kabupaten atau kota dan time series selama tujuh tahun, yaitu dari tahun 2011-2017. Data yang digunakan diperoleh dari Badan Pusat Statistika Provinsi Kalimantan Barat serta Sistem Informasi dan Managemen Data Dasar Regional. Metode yang digunakan yaitu dengan analisis regresi data panel analisis fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan, sedangkan Indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan. Sebalikanya, tingkat pengangguran terbuka tidak berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Kalimantan Barat. Kata kunci: Ketimpangan Distribusi Pendapatan, Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia, dan tingkat pengangguran terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Rudi Nugroho
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ketimpangan Distribusi Pendapatan, Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia, dan tingkat pengangguran terbuka.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Feb 2020 09:57
Last Modified: 20 Feb 2020 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35570

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum