POLA PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADDAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren at-Taqwa Alawiyah, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta)

MUHAMAD RIDWAN, NIM. 15410098 (2019) POLA PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADDAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren at-Taqwa Alawiyah, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADDAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren at-Taqwa Alawiyah, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta))
15410098_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (POLA PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL-HADDAD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren at-Taqwa Alawiyah, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta))
15410098_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MUHAMAD RIDWAN. Pola Pendidikan Akhlak Menurut al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad dan Implikasinya Terhadap Kepribadian Santri (Studi di Pondok Pesantren at-Taqwa Alawiyah, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan akhlak dalam kehidupan umat manusia sehingga menempati kedudukan yang vital. Berbekal dengan pendidikan akhlak, manusia bisa menjadi berakhlāqul karīmah dan memiliki moral yang tinggi. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan agama yang menawarkan solusi membina manusia untuk menjadi insan muttaqīn, cerdas, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan yang dapat memberikan kemaslahatan bagi umat manusia. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana pola pendidikan akhlak menurut al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad yang dianut dan ditanamkan dalam kepribadian santri di Pondok Pesantren at- Taqwa Alawiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk katakata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan x tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola pendidikan akhlak menurut al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad dikelompokkan menjadi dua pola pembahasan yaitu akhlak Ilahiyah (Pendidikan akhlak yang berhubungan dengan Allah Swt.) dan akhlak Insaniyah (Pendidikan akhlak yang berhubungan dengan manusia), (2) Implementasinya melalui berbagai upaya atau cara yaitu dengan pembiasaan, peneladanan, penanaman kesadaran, pengintensifan pelajaran akhlak dan internalisasi ilmu yang diperoleh, (3) Implikasinya terhadap kepribadian santri yaitu tertanamnya akhlāqul karīmah pada diri santri, sadar akan tanggungjawab, tekun, berbuat kebajikan, dan takzim (adanya penghormatan santri terhadap ustaz), (4) Faktor pendukung yaitu Asātiẓ berkompetensi, sarana prasarana cukup memadai, dan lingkungan pesantren yang nyaman. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran santri, munculnya rasa malas pada diri santri, dan masih kurang dalam pemberian teladan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pola Pendidikan Akhlak menurut al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad, Kepribadian Santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:23
Last Modified: 25 Feb 2020 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum