PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORASI PUZZLE DENGAN ROLE PLAY DALAM MEWUJUDKAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 2 SLEMAN

Arifah Nur’aini Syamsiana, NIM.15410007 (2019) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORASI PUZZLE DENGAN ROLE PLAY DALAM MEWUJUDKAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORASI PUZZLE DENGAN ROLE PLAY DALAM MEWUJUDKAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 2 SLEMAN)
15410007_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORASI PUZZLE DENGAN ROLE PLAY DALAM MEWUJUDKAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 2 SLEMAN)
15410007_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ARIFAH NUR‟AINI SYAMSIANA, Pengembangan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Puzzle dengan Role Play dalam Mewujudkan Student Centered Learning (SCL) pada Pembelajaran Fikih Kelas X di MAN 2 Sleman.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019. Penelitian ini berangkat dari persoalan rendahnya peran peserta didik dalam pembelajaran Fikih. Seharusnya pendidik mampu menempatkan peserta didik sebagai subjek didik agar terwujud pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Hal tersebut dapat dilakukan misalnya dengan mengaitkan pendidikan dan permainan melalui strategi pembelajaran aktif agar peserta didik tertarik dan aktif dalam belajar Fikih. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penulis akan mengembangkan strategi pembelajaran Kolaborasi Puzzle dengan Role Play sebagai upaya mewujudkan student centered learning (SCL). Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Langkah-langkah penelitian mengacu pada Borg & Gall yang dipadukan dengan Nieeven menjadi 4 tahap yaitu preliminary research, prototyping stage, assesment stage, dan produk final. Subjek penelitian adalah kelas X IPA I, X IPA II dan X IPA III MAN 2 Sleman. Uji coba produk dilakukan dua tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba diperluas. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka, kuisioner, tes, dan observasi. Produk dari penelitian ini adalah berupa strategi pembelajaran Kolaborasi Puzzle dengan Role Play dan perangkat pendukungnya yaitu buku prosedur strategi pembelajaran dan RPP. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan strategi pembelajaran kolaborasi Puzzle dengan Role Play dalam mewujudkan (SCL) dinyatakan berhasil. Hal tersebut didasarkan pada hasil validasi prosedur strategi pembelajaran sebesar 3,717 termasuk kategori sangat baik, dan validasi perangkat pendukung pembelajaran berupa RPP sebesar 3,653 termasuk kategori sangat baik; 2) Penerapan strategi pembelajaran dalam mewujudkan SCL dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan baik. Hal tersebut didasarkan pada hasil penelitian bahwa rata-rata data angket keterterapan strategi pembelajaran sebesar 3,24 termasuk kategori baik, dan data rata-rata hasil observasi keterterapan strategi pembelajaran sebesar 3,4 termasuk kategori baik; 3) Hasil pengembangan strategi pembelajaran kolaborasi Puzzle dengan Role Play dalam mewujudkan SCL secara umum dinyatakan berhasil. Hal tersebut terlihat pada respon peserta didik dalam pembelajaran dinyatakan baik dan respon peserta didik pada uji coba terbatas adalah sebesar 3,285 termasuk kategori baik dan pada uji coba diperluas adalah sebesar 3,345 termasuk kategori baik. Strategi ini berhasil peningkatan nilai posttest pada kelas X IPA I adalah 10,333, X IPA II, adalah 27,241; kelas X IPA III adalah 27,4135 yang berarti bahwa rata-rata nilai posttest mengalami kenaikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pretest.Adapun rata-rata hasil observasi aktivitas peserta didik pada uji coba terbatas adalah sebesar 3,285 termasuk kategori baik dan rata-rata pada uji coba diperluas adalah sebesar 3,345 termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Suwadi, M.Ag.,M.Pd,
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, Kolaborasi Puzzle dengan Role Play, student centered learning (SCL)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:19
Last Modified: 27 Feb 2020 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum