PERAN LSM MITRA WACANA WRC (WOMAN RESOURCE CENTER)DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ( STUDI DI DESA HARGOREJO, KOKAP, KULONPROGO)

Iga Purnamasari, NIM. 14720010 (2019) PERAN LSM MITRA WACANA WRC (WOMAN RESOURCE CENTER)DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ( STUDI DI DESA HARGOREJO, KOKAP, KULONPROGO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“PERAN LSM MITRA WACANA WRC (WOMAN RESOURCE CENTER)DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ( STUDI DI DESA HARGOREJO, KOKAP, KULONPROGO)”)
14720010_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (“PERAN LSM MITRA WACANA WRC (WOMAN RESOURCE CENTER)DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN ( STUDI DI DESA HARGOREJO, KOKAP, KULONPROGO)”)
14720010_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perempuan merupakan salah satu kelompok yang rentan dalam masyarakat karena adanya anggapan bahwa perempuan harus mengerjakan pekerjaan domestik. Anggapan inilah yang membuat perempuan termarginalisasikan. Penyebab lainnya yaitu minimnya kotribusi perempuan dalam pembangunan daerah. Ditambah dengan masalah ekonomi sehingga banyak peremuan yang bekerja di masyarakat sebagai buruh rumah tangga dan tidak sedikit yang mengabaikan haknya. Berbagai persoalan yang ada membuat lembaga sosial ikut andil dalam memperjuangkan dan membantu untuk meminimalisir persoalan perempuan yang ada di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Lembaga Swadaya Masyarakat Mitra Wacana dalam pemberdayaan perempuan. Teori yang digunakan yaitu konsep pemberdayaan menurut Edi Suharto yang mengkaji tentang 5P yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan serta pemberdayaan menurut Zubaedi yang mengkaji keterpaduan antara dimensi pemberdayaan ekonomi, psikologis, fisik, advokasi, dan human capital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi berupa tulisan, tabel dan gambar. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peran LSM Mitra Wacana Woman Resource Center sangat berpengaruh untuk untuk memperluas ruang gerak perempuan di masyarakat yaitu ikut serta dalam pembangunan desa dan untuk melatih kemandirian. Melatih kemandirian perempuan untuk memperjuangkan haknya dan melatih perempuan agar mempunyai kesadaran kritis serta mampu menghadapi masalah dalam lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Astri Hanjarwati, S.Sos., MA
Uncontrolled Keywords: Pemberayaan Perempuan, Peran, LSM Mitra Wacana.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Jul 2019 09:33
Last Modified: 12 Jul 2019 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum