MAKNA SNEAKERS VANS TERHADAP PENGGUNA SNEAKERS VANS ( STUDI PADA KOMUNITAS SNEAKERS VANS OFF THE WALL YOGYAKARTA (OTWYK) )

RAHMAN HUSADA PUTRA, (14720014) (2019) MAKNA SNEAKERS VANS TERHADAP PENGGUNA SNEAKERS VANS ( STUDI PADA KOMUNITAS SNEAKERS VANS OFF THE WALL YOGYAKARTA (OTWYK) ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA SNEAKERS VANS TERHADAP PENGGUNA SNEAKERS VANS ( STUDI PADA KOMUNITAS SNEAKERS VANS OFF THE WALL YOGYAKARTA (OTWYK) ))
14720014_ PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MAKNA SNEAKERS VANS TERHADAP PENGGUNA SNEAKERS VANS ( STUDI PADA KOMUNITAS SNEAKERS VANS OFF THE WALL YOGYAKARTA (OTWYK) ))
14720014_ BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kelompok termasuk hal terpenting mempengaruhi pola pemikiran besar tingkat konformitas yang muncul akan tergantung pada tipologi mana remaja dominan. Gaya hidup (lifestyle) adalah pola hidup seseorang di dunia yang ekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya. Penilaian mengenai bagus tidaknya suatu fashion tergantung dari pendapat dan selera yang melihat. Sneakers adalah sepatu berbahan sol karet yang sudah menjadi style sekarang ini. Sneakers bagi orang-orang ada yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari dan aktivitas lainnya. Seiring berjalanya waktu sneakers kini telah bermunculan dalam komunitas. Komunitas yang ada di Yogyakarta diantaranya komunitas Off The Wall Yogyakarta (OTWYK). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna pengguna sneakers Vans di dalam komunitas Vans Off The Wall Yogyakarta serta mengetahui peran komunitas Vans Off The Wall Yogyakarta terhadap anggotanya. Penelitian ini menggunakan teori konsumsi dari Jean Baudrillard mengatakan bahwa yang dikonsumsi oleh masyarakat konsumeris bukanlah kegunaan dari suatu produk melainkan citra atau pesan yang di sampaikan dari suatu produk. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Sample yang di wawancarai ada sembilan orang diantaranya empat orang yang mengikuti komunitas dan lima orang yang tidak mengikuti komunitas. Metode yang di gunakan dalam wawancara yaitu dengan snowball sampling dengan pendekatan ke admin komunitas OTWYK melalui instragram, line dan whatsapp lalu merambah ke anggota OTWYK setelah itu peneliti mendatangi ke komunitas Vans Off The Wall Yogyakarta. Peneliti melakukan observasi lapangan dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti melakukan observasi ke dua event yang pertama ke event The Jakarta Sneakers Day dan yang kedua mendatangi ke event SneakersHub, kemudian peneliti juga melakukan dokumentasi pada saat kedua acara tersebut. Metode analisis data yang di lakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif melalui reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan Hasil penelitian ini yang telah di lakukan adalah terdapat bermacammacam pemaknaan pengguna sneakers yaitu bahwa yang di konsumsi oleh masyarakat komsumeris bukan kegunaan suatu produk namun citra atau pesan yang di sampaikan dari suatu rasa hedonime yang sangat mendominasi di dalam citra sneakers Vans. Namun rasa hedonisme tersebut menciptakan hal positif yaitu memberikan semangat ketika dalam hal berkumpul antara pengguna sneakers Vans. Dalam hal ini juga adanya rasa silaturahmi yang erat antar sesama pengguna sneakers Vans, adanya rasa pengorbanan dalam mendapatkan sneakers Vans, sebagai fashion style bagi pengguna snekaers Vans

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sneakers Vans, Komunitas Off The Wall Yogyakarta
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:54
Last Modified: 12 Jul 2019 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35654

Actions (login required)

View Item View Item