PERAN KARANG TARUNA YODHA DALAM PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT DESA ARGOMULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Miftahur Rahim, NIM 14720026 (2019) PERAN KARANG TARUNA YODHA DALAM PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT DESA ARGOMULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KARANG TARUNA YODHA DALAM PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT DESA ARGOMULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL)
14720026_ SEBELUM BAB_BAB I DAN BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KARANG TARUNA YODHA DALAM PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT DESA ARGOMULYO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL)
14720026_ BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Karang Taruna Yodha dalam Penggerak Ekonomi Masyarakat Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul” membahas Peran aktif Karang Taruna di Desa Argomulyo melalui progam kerja dan UEP. Karang taruna adalah organisasai wajib pemuda yang berada di wilyah desa/dusun. Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan untuk menjelaskan peran Karang Taruna Yodha dalam menggerakan ekonomi masyarakatlewat progam kerja dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Adapun teori yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah teori pemberdayaan dari Edy Soeharto, metodenya adalah metode penelitian kualitatif dengan fokus penelitian pada peran Karang Taruna Yodha. Sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan didukung dengan data sekunder yang berkaitan. Data peneliti diperoleh dari Masyarakat Desa Argomulyo, koordinator pengurus karang taruna, beberapa pihak dari pemerintahan Desa Argomulyo serta pengelola Karst Tubing Desa Argomulyo. Tanya jawab berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan karang taruna berperan dalam melalui progam kerja dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) sehingga mampu menumbuhkan ekonomi untuk masyarakat yang ada di Desa Argomulyo. Usaha Ekonomi Produktif yang dikelola melalui karang taruna yaitu berupa wisata alam karst tubing, angkringan setu legi dan Gerakan Pemuda Membangun Desa (GPMD). Tiga UEP Karang taruna Yodha cukup mampu mengatasi masalah kesejahteraan ekonomi yang ada di Desa Argomulyo. Progam kerja lainnya berupa Taruna Yodha Sahabat Difabel dan Santunan Anak Yatim, progam ini bertujuan untuk melindungi dan memberdayakan kelompok-kelompok rentan yang ada di Desa Argomulyo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Masdjuri, M.Si
Uncontrolled Keywords: Karang Taruna Yodha, UEP, Desa Argomulyo
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:01
Last Modified: 12 Jul 2019 03:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35655

Actions (login required)

View Item View Item