EKSPRESI NILAI-NILAI BUDAYA SUNDA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR (Studi pada Asrama Kujang Jawa Barat di Yogyakarta)

ISTIANAH, (15720002) (2019) EKSPRESI NILAI-NILAI BUDAYA SUNDA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR (Studi pada Asrama Kujang Jawa Barat di Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPRESI NILAI-NILAI BUDAYA SUNDA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR (Studi pada Asrama Kujang Jawa Barat di Yogyakarta))
15720002_ISTIANAH_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EKSPRESI NILAI-NILAI BUDAYA SUNDA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTUR (Studi pada Asrama Kujang Jawa Barat di Yogyakarta))
15720002_ISTIANAH_BAB II_III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Keberagaman budaya menjadi bagian penting dari masyarakat multikultur. Kehidupan masyarakat yang harmonis dan konflik menjadi suatu hal yang tidak bisa terpisahkan dalam menjalani kehidupan tersebut. Setiap kelompok masyarakat memiliki identitas budaya yang berbeda-beda sehingga adanya identitas budaya menjadi bagian penting untuk satu sama lainnya. Jika adanya komunikasi yang baik maka akan tercipta saling memahami dan menghormati. Hal tersebut juga terjadi pada kelompok budaya Sunda di asrama Kujang Jawa Barat yang ada di Yogyakarta. Identitas budaya Sunda yang ada di asrama Kujang diekspresikan dalam banyak hal di asrama Kujang. Asrama Kujang merupakan asrama mahasiswa Jawa Barat yang ada di Yogyakarta. Memiliki misi untuk penyebaran budaya Sunda sehingga terdapat simbol-simbol budaya yang sangat ditunjukkan. Namun, dapat hidup saling berdampingan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ekspresi nilai-nilai budaya Sunda yang ada di asrama Kujang baik itu budaya materil maupun non materil. Sehingga mempengaruhi interaksinya dengan masyarakat sekitar. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatitif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi langsung ke lokasi penelitian untuk melihat dan mengamati kondisi yang ada di asrama Kujang baik itu simbol-simbol kebudayaan dan kegiatan kebudayaan yang mereka lakukan. Kemudian melakukan wawancara dengan sesepuh asrama Kujang, ketua IKPM Jabar, Ketua asrama, penghuni asrama, orang-orang Jawa Barat serta masyarakat sekitar asrama Kujang. Dokumentasi diambil langsung oleh peneliti sebagai peneliti pelengkap data berupa gambar dan dokumen-dokumen terdahulu yang mendukung tema penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ekspresi nilai-nilai budaya Sunda ditunjukan ke dalam beberapa hal yaitu konstruk bangunan, bahasa yang digunakan, kegiatan kebudayaan. Adanya ekspresi budaya mempengaruhi interaksi yang terjadi seperti interaksi antar penghuni asrama, orang-orang Jawa Barat yang aktif dalam organisasi kedaerahan dan masyarakat sekitar Pengok Kidul. Selain itu, terdapat persepsi negatif antara penghuni asrama dan masyarakat Pengok Kidul. Persepsi tersebut disebabkan kurangnya komunikasi antara etnis Sunda dengan masyarakat dalam hal partisipasi. Namun, masyarakat Pengok Kidul menerima dan memahami identitas budaya yang ada di asama sehingga dapat hidup rukun dalam satu kesatuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Yayan Suryana, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Asrama Kujang, Masyarakat
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:27
Last Modified: 12 Jul 2019 03:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35656

Actions (login required)

View Item View Item