REKONSTRUKSI GENDER MENURUT KELOMPOK WANITA TANI ANGGRAENI DESA GERBOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO

Anggi Candra Lestari, NIM 15720029 (2019) REKONSTRUKSI GENDER MENURUT KELOMPOK WANITA TANI ANGGRAENI DESA GERBOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI GENDER MENURUT KELOMPOK WANITA TANI ANGGRAENI DESA GERBOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO)
15720029_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI GENDER MENURUT KELOMPOK WANITA TANI ANGGRAENI DESA GERBOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO)
15720029_BAB II_S.D_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertanian merupakan salah satu mata pencaharian bagi warga Kulon Progo. Sebagian besar masyarakat Kulon Progo bekerja sebagai petani tidak terkecuali perempuan. Perempuan di Kulon Progo khusunya Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh membentuk suatu kelompok yang bernama Kelompok Wanita Tani dengan tujuan meningkatkan wawasan dan keahlian perempuan dalam pertanian, sehingga perempuan memiliki peran yang lebih dalam pertanian di wilayah desa gerbosari kecamatan samigaluh kabupaten Kulon Progo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui eksistensi dan peran KWT Anggraeni dalam pertanian di Desa Gerbosari. Selain itu juga dapat melihat bagaimana peran dari KWT Anggraeni dalam peningkatan ekonomi keluarga di Desa Gerbosari. Penelitian ini juga diharapkan dapat melihat bagaimana peran dan dukungan pemerintah khusunya dinas pertanian dalam kegiatan ini. Penelitian ini menggunakan teori gender Mansyur Faqih yaitu pembagian kerja dan Interkasionisme Simbolik dari Mead. Menggunakan metode penelitian kualitatif analitik, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah KWT Anggraeni dimana peneliti melakukan wawancara kepada beberapa anggota dan pengurus KWT Anggraeni serta beberapa perangkat Desa Gerbosari. Selanjutnya data diolah melalui prosedur ilmiah. Pada penelitian ini menunjukan bahwa pembagian kerja dalam keluarga menentukan bagaimana peran perempuan. Pembagian kerja disini sebenarnya sudah terkonstruk dan sulit untuk dirubah. Namun kompromi antara suami dan istri dalam keluarga dapat membentuk peran perempuan baik di dalam rumah maupun diluat rumah, sehingga proses perkembangan KWT Anggraeni juga tidak lepas dari faktor pembagian kerja dalam keluarga yang dilakukan setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muryanti S.sos, M.A
Uncontrolled Keywords: Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggraeni, Perempuan, Gender
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jul 2019 11:04
Last Modified: 12 Jul 2019 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum