PERAN AKSEPTOR PADA SOSIALISASI KB VASEKTOMI (Studi Pada Kelompok KB Pria Harjo Sentoso Di Dusun Karanganyar, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul)

Nita Wahyuni, NIM. 15720030 (2019) PERAN AKSEPTOR PADA SOSIALISASI KB VASEKTOMI (Studi Pada Kelompok KB Pria Harjo Sentoso Di Dusun Karanganyar, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN AKSEPTOR PADA SOSIALISASI KB VASEKTOMI (Studi Pada Kelompok KB Pria Harjo Sentoso Di Dusun Karanganyar, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul))
Skripsi_Nita Wahyuni_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN AKSEPTOR PADA SOSIALISASI KB VASEKTOMI (Studi Pada Kelompok KB Pria Harjo Sentoso Di Dusun Karanganyar, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul))
Skripsi_Nita Wahyuni_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Vasektomi merupakan salah satu alat kontrasepsi pada program Keluarga Berencana. Masyarakat di Indonesia pada umumnya menggunakan kontrasepsi hormonal seperti suntik dan pil. Vasektomi di sosialisasikan dengan aktif oleh petugas KB karena dinilai cukup efektif mencegah terjadinya kehamilan, sedikit resiko, dan tidak menimbulkan keluhan bagi akseptornya. Kabupaten Bantul adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang aktif melakukan sosialisasi KB vasektomi. Di Bantul memiliki kelompok KB Pria yang menjadi percontohan tingkat nasional yaitu Kelompok KB Pria Harjo Sentoso yang terletak di Dusun Karanganyar, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden. Kelompok ini terbilang cukup berhasil menarik minat masyarakat untuk menjadi akseptor KB vasektomi, keberhasilan tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah akseptor, adanya kunjungan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dan beberapa prestasi lainnya yang dimiliki kelompok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran akseptor KB vasektomi di Karanganyar pada proses sosialisasi KB vasektomi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori definisi peran yang dikembangkan oleh McCall dan Simmons dan beberapa konsep mengenai sosialisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan tentang proses sosialisasi KB vasektomi dan peran akseptor didalamnya. Penelitian ini dilakukan di Kelompok KB Pria Harjo Santoso yang terletak di Dusun Karanganyar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan denga cara observasi lapangan, wawancara langsung dengan informan yang sudah ditentukan, dan penggunaan dokumentasi sebagai data pendukung. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan proses mereduksi data yang kurang relevan, kemudian menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk tabel dan teks narasi serta menarik kesimpulan dari hasil penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran akseptor pada proses sosialisasi KB vasektomi yaitu sebagai motivator bagi orang-orang sekitar. Peran ini merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan jumlah akseptor di Karanganyar. Peran sebagai motivator disebabkan oleh beberapa faktor: kesadaran diri sendiri dan didukung lingkungan sekitar, adanya komitmen mensukseskan program KB, dan adanya kepuasan intrinsik dan ekstrisik yang dialami akseptor. Faktor pendukung proses sosialisasi yaitu komunikasi terjalin dengan baik antar elemen masyarakat, kesediaan objek sosialisasi menggunakan KB Vasektomi, dan penggunaan media sosialisasi secara efektif. Adapun kendala dalam sosialisasi KB Vasektomi yaitu kegiatan kelompok yang mulai pasif, reward yang tidak menentu, dan masih adanya pemikiran negatif dimasyarakat terkait KB Vasektomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, M.A, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Peran, Anggota Kelompok KB Pria
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:11
Last Modified: 12 Jul 2019 04:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35661

Actions (login required)

View Item View Item