KOMUNITAS INDONESIA CAT ASSOSIATION (ICA) YOGYAKARTA (Studi terhadap Masyarakat Kelas Menengah ke Atas di Perkotaan)

MUKHAMAD QIYAN KHAZINI, NIM. 15720034 (2019) KOMUNITAS INDONESIA CAT ASSOSIATION (ICA) YOGYAKARTA (Studi terhadap Masyarakat Kelas Menengah ke Atas di Perkotaan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNITAS INDONESIA CAT ASSOSIATION (ICA) YOGYAKARTA (Studi terhadap Masyarakat Kelas Menengah ke Atas di Perkotaan))
15720034_SEBELUM BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KOMUNITAS INDONESIA CAT ASSOSIATION (ICA) YOGYAKARTA (Studi terhadap Masyarakat Kelas Menengah ke Atas di Perkotaan))
15720034_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat adalah sebuah kehdupan yang memiliki banyak keragaman di dalamnya, mereka memiliki lapisan-lapisan yang berdasarkan kriteria tertentu dalam kehidupanya. Ada lapisan masyarakat kelas bawah dan juga masyarakat menengah ke atas. Masyarakat menengah ke atas merupakan lapisan masyarakat yang memiliki tingkat kehidupan yang lebih stabil dibandingkan dengan lapisan masyarakat kelas bawah, tingkat ekonomi yang lebih mapan membuat orangorang di dalam kelas ini dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan sekunder maupun tersier, salah satu dari kebutuhan tersebut adalah sebuah hobi dalam memelihara kucing. Tidak sedikit dari mereka bergabung dan saling berkumpul membentuk sebuah perkumpulan atas dasar hobi yang sama yaitu kecintaan terhadap kucing peliharaan dan menyebut dirinya sebagai catlover. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Gaya Hidup, Masyarakat dan Komunitas oleh Mac Iver. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti datang ke lokasi seperti tempat catshow, kopdar dan berkunjung ke anggota catlover dan pengurus komunitas Indonesia Cat Assosiation (ICA) Yogyakarta untuk melakukan wawancara. Dokumentasi dilakukan oleh peneliti sebagai pelengkap data baik berupa gambar dan dokumen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunitas Indonesia Cat Assosiation (ICA) Yogyakarta merupakan salah satu wujud nyata tentang salah satu karakteristik masyarakat perkotaan yaitu adanya paguyuban berdasarkan persamaan pandangan dan hobi yaitu komunitas. Komunitas catlover ICA merupakan salah satu bentuk gaya hidup bagi masyarakat kelas menengah ke atas. Hal tersebut terlihat dari beberapa harga kucing yang sangat mahal, event catshow serta perawatan yang mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muryanti, S. Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Komunitas ICA, Masyarakat Kota
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2020 09:52
Last Modified: 27 Feb 2020 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum