STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA

DEVI ASTRIYANI, NIM: 01123345 (2019) STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA)
13390024_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA)
13390024_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Potensi zakat diwilayah Kota Yogyakarta sangatlah besar akan tetapi realisasi zakat dilapangan tidak sesuai dengan potensi yang ada. Oleh karena itu, lembaga Amil zakat harus memiliki strategi yang tepat di dalam proses penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq, dan shodaqah agar penerimaan zakat bisa tercapai maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq, dan shadaqah di BAGNAS Kota Yogyakarta. Data Penelitian diperoleh melalui observasi lapangan ataupun wawancara dengan pihak pimpinan BAGNAS Kota Yogyakarta. Metode analisis dengan menggunakan teknik pemeriksaan trianggulasi melalui data atau sumber, dengan jalan membandingkan dan mengecek informasi atau data yang diperoleh dari wawancara dengan dokumentasi dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam menyalurkan ataupun menghimpun dana zakat, infaq, dan shadaqah BAGNAS Kota Yogyakarta menggunakan strategi penyebaran ikrar ke berbagai ASN ( Aparat Sipil Nasional), sosia]isasi atau pengajian, penyebaran brosur, dan program s" (sedino sewu). Adapun faktor penghambat dan pendukung di dalan proses menghimpun atau menyalurkan dana zakat, infaq, dan shadaqah adalah kurangnya pemahaman dan kepercayaan masyarakat kepada BAGNAS Kota Yogyakarta, dan didukung oleh adanya pimpinan ASN yang selalu mendukung program BAGNAS.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: H.M. Yazid Afandi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: zakat, infaq, shadaqah, dan BAGNAS Kota Yogyakarta
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:42
Last Modified: 15 Jul 2019 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum