SEJARAH MANAJEMEN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (1990-2020)

Ferdian Fazza, NIM. 14120060 (2018) SEJARAH MANAJEMEN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (1990-2020). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEJARAH MANAJEMEN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (1990-2020))
14120060_BAB I _BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SEJARAH MANAJEMEN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (1990-2020))
14120060_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Manajamen zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) merupakan salah satu sistem pengelolaan yang diperhatikan oleh Muhammadiyah DIY. Sejak terbentuk pada tahun 1966, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY kemudian membentuk badan-badan lain yang berada dibawah kepengurusannya untuk membantu serta mendukung kegiatan dan pengembangan organisasi termasuk pelaksanaan manajemen ZIS. Majelis Wakaf dan Kehartabendaan Muhammadiyah DIY merupakan majelis pertama yang dibentuk guna mengompitamalkan manajemen ZIS milik persyarikatan Muhammadiyah DIY yang dibentuk pada tahun 1968. Setelah bertugas selama hampir 40 tahun, manajemen ZIS Muhammadiyah DIY kemudian dikelola oleh Rumah Zakat Muhammadiyah DIY yang dibentuk pada 2006 dan hanya bertugas sebagai badan amil zakat selama tiga tahun. Pada tahun 2011 tugas pengelolaan ZIS milik persyarikatan Muhammadiyah DIY berada pada kepengurusan LAZISMU DIY yang bertahan hingga sekarang. Manajemen ZIS yang diurusi oleh Muhammadiyah DIY melalui badan-badannya senantiasa memfokuskan kebersamaan antar jejaringan di seluruh wilayah DIY yang secara keseluruhan berada di bawah pengawasan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY dengan tujuan untuk menyatukan langkah dalam sistem operasional terpadu dan terencana sehingga optimalisasi sebagai pengelola ZIS dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini merupakan studi sejarah yang membahas tentang manajemen ZIS Muhammadiyah wilayah DIY dengan menggunakan bantuan teori institusionalisme yang di dukung oleh pendekatan sosiologi ekonomi. Kedua alat analisa tersebut membantu penulis untuk memahami setiap badan yang mengurusi ZIS milik persyarikatan Muhammadiyah DIY dengan masing-masing sistem manajemennya dengan hasil yang mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar sistem manajemen ZIS milik Muhammadiyah DIY memiliki persamaan pada setiap badan yang mengelola yaitu setiap ZIS yang telah terhimpun akan ditasyarufkan kepada 8 asnaf dan untuk peristiwa yang bersifat insidental. Perbedaan pada setiap badan pengurus ZIS milik persyarikatan Muhammadiyah DIY adalah perkembangan program-program yang dicanangkan dengan menyesuaikan perubahan sosial yang berada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Wildan, M.A.
Uncontrolled Keywords: Manajemen ZIS, Muhammadiyah DIY
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Feb 2020 08:04
Last Modified: 28 Feb 2020 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum