TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP KELUARGA MAṢLAḤAH (STUDI ATAS PANDANGAN USTAZ-USTAZ PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK “L” KRAPYAK YOGYAKARTA)

MOH. ZAKARIYA, NIM. 15350032 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP KELUARGA MAṢLAḤAH (STUDI ATAS PANDANGAN USTAZ-USTAZ PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK “L” KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP MENURUT FACHRUDDIN M. MANGUNJAYA)
13410029_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP MENURUT FACHRUDDIN M. MANGUNJAYA)
13410029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Perkawinan adalah sesuatu yang sangat sakral dan mempunyai tujuan yang sangat sakral pula, serta tidak terlepas dari ketentuanketentuan yang ditetapkan oleh Syariat Agama. Upaya untuk mewujudkan sebuah keluarga yang maṣlaḥah tidak semudah seperti yang dibayangkan. Keluarga dalam mengarungi kehidupannya terkadang dihantam berbagai macam badai atau permasalahan. Permasalahan yang terkadang mendera keluarga adalah: kurangnya komunikasi yang terjadi antar anggota keluarga terutama ayah dan ibu, masalah pendidikan, sikap egosentris antar anggota, masalah ekonomi, masalah perselingkuhan, dan anggota keluarga yang jauh dari agama. Selain permasalahan tersebut, peran keluarga dianggap belum berfungsi sebagaimana mestinya serta kurangnya pemenuhan kebutuhan lahir maupun batin keluarga secara seimbang terkadang menjadi pemicu munculnya permasalahan lain. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek “L” Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode interviu (wawancara) terhadap lima orang Ustaz. Studi kepustakaan dilakukan dengan cara mempelajari kitab ataupun buku-buku yang berhubungan dengan keluarga maṣlaḥah untuk mengetahui permasalahan yang diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, konsep keluarga maṣlaḥah menurut pandangan Ustaz-Ustaz Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek “L” adalah keluarga yang telah memenuhi unsur sakinah, mawaddah, dan rahmah didalamnya, terpenuhi kebutuhan lahir maupun batin setiap anggota keluarga secara seimbang, serta dapat beramaliahnya keluarga tersebut tidak hanya pada level keluarga saja, tetapi juga beramaliah kepada masyarakat disekitarnya. Berdasarkan hasil analisis terhadap pandangan Ustaz-Ustaz Pondok Pesantren Al- Munawwir Komplek “L” tentang konsep keluarga maṣlaḥah yang ditinjau menurut hukum Islam, maka penulis menyimpulkan bahwa konsep tersebut telah sesuai menurut hukum Islam, karena konsep tersebut memiliki dasar hukum yang kuat, serta memuat nilai-nilai yang sesuai dengan syariat, yaitu Alquran dan Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MANSUR, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Hukum Islam, Keluarga Maṣlaḥah.
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:37
Last Modified: 28 Feb 2020 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35721

Actions (login required)

View Item View Item