KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS 2 DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA

FITRI NUR ROHMAH DEWI, NIM: 15410012 (2019) KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS 2 DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS 2 DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA)
15410012_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS 2 DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA)
15410012_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian ini siswa yang memiliki persepsi baik terhadap pembelajaran Akidah Akhlak akan berhubungan dengan sikap sosialnya. Permasalahan pada penelitian ini adalah anak yang memiliki nilai yang bagus di dalam mata pelajaran Akidah Akhlak belum tentu memiliki tingkah laku yang baik dalam bersosialisasi begitupun sebaliknya. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah seberapa tinggi persepsi siswa terhadap pembelajaran Akidah Akhlak, seberapa tinggi sikap sosial siswa kelas XI IPS 2, lalu apakah persepsi siswa terhadap pembelajaran Akidah Akhlak berhubungan dengan sikap sosial siswa kelas XI IPS 2 di MAN 1 Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil responden sebanyak 32 siswa yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 2 di MAN 1 Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui metode angket (kuesioner), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan product moment. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak diperoleh dengan skor kategori persepsi siswa berada pada kategori cukup baik sebanyak 12 siswa atau 37%. 2) Sikap Sosial Siswa pada Kelas XI IPS 2 di MAN 1 Sleman Yogyakarta diperoleh dengan skor kategori sikap sosial siswa berada pada kategori cukup baik sebanyak 14 siswa atau 45%. 3) Berdasarkan tabel korelasi diketahui bahwa rxy adalah 0.537 dengan taraf signifikansi 0.002, Setelah mengkonsultasikan dengan rtabel maka dapat disimpulkan bahwa nilai rhitung > nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%, yaitu 0.537 > 0.361 dan > 0.463 dan disertai dengan taraf signifikansi 0.002 < 0.05 dengan demikian Korelasi antara Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Sikap Sosial Siswa Kelas XI IPS 2 pada kategori sedang menurut pedoman interpretasi koefisien korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Persepsi, Sikap Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:26
Last Modified: 28 Feb 2020 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum