KH. AHMAD NASRULLAH DAN TAFSIRNY A (Studi Metodologi Kitab Al-Tibyin fi Tafslr Ayat al-Al}kiim min Al-Qur,in)

ABDUL MUJIB SA'ID, NIM. 02531069 (2007) KH. AHMAD NASRULLAH DAN TAFSIRNY A (Studi Metodologi Kitab Al-Tibyin fi Tafslr Ayat al-Al}kiim min Al-Qur,in). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KH. AHMAD NASRULLAH DAN TAFSIRNY A (Studi Metodologi Kitab Al-Tibyin fi Tafslr Ayat al-Al}kiim min Al-Qur,in))
02531069-BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KH. AHMAD NASRULLAH DAN TAFSIRNY A (Studi Metodologi Kitab Al-Tibyin fi Tafslr Ayat al-Al}kiim min Al-Qur,in))
02531069-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (23MB)

Abstract

Tafslr Indonesia adalah buku tafslr yang mempunyai karakteristik atau kekhasan lokal Indonesia. Mempunyai karakteristik atau kekhasan lokal Indonesia adalah buku tafslr yang ditulis oleh orang dan atau yang dibuat dengan menggunakan bahasa lokal Indonesia baik bahasa daerah maupun bahasa nasional. Al-Tibyiin adalah bagian dari salah satu karya kitab tafslr di Indonesia. Oleh karenanya, dibalik membuminya kitab tafslr ini di as-Sa'idiyyah, terdapat beberapa hal yang memerlukan kejelasan, baik yang berkaitan dengan tokoh KH. Ahmad Nasrullah sendiri, maupun yang berkaitan dengan kitab tafsir yang disusun olehnya. Diantaranya adalah berawal dari nama kitab Al-Tibyiin fi Tafslr Ayat AlJ.kam min al-Qur'iin, selanjutnya ditambahkan oleh KH. Ahmad Nasrullah dengan: ~..JYI ~liJI Wt ~1) ~~ ~ o _r.i:ia..JI ~ ~ U.o ..J~ Pernyataan itu, mengundang keraguan penulis. apakah penafsirannya didominasi oleh satu kitab tafsir atau lebih, tentunya metode yang digunakan dalam penafsiran juga memerlukan kejelasan akan berbagai kitab yang dijadikan rujukan oleh KH. Ahmad Nasrullah. Karena dalam asumsi penulis, bahwa penyajiannya hampir sama dengan Rawa'i al-Bayiin fi Tafslr Ayat Al/.kam karya Ali ash-Shabuni. Untuk memperoleh data, selain melalui riset kepustakaan, penulis juga melakukan wawancara dengan beberapa orang ahli waris mufassir yang masih hidup dalam rangka melengkapi data-data yang berhubungan dengan KH. Ahmad Nasrullah serta tafsir yang disusunnya. Adapun pengolahan datanya, penulis menggunakan metode deskriptif-analitis. Selanjutnya penulis mengambil kesimpulan dengan model induksi. Adapun hasil setelah penulis melakukan wawancara dengan pihak yang bersangkutan yang diwakili oleh ahli waris dan para penulis dari kitab tafsir alTibyiin ini, dan penulis menememukan jawaban bahwa kitab tafsir ini ditulis oleh tiga orang, diantaranya adalah ustaz Mukhlisin, ustaz Nasrullah dan ustadz Mukhtar. Hasil dari penelusuran penulis akan hasil karya tulis mereka adalah bahwa kitab tafslr ini terdiri dari dua bentuk: Pertama, kitab tafslr ini dengan bentuk ukuran kertas HVS. Kedua, dalam format bentuk buku yang terdiri dari dua model khat penulisan. Mencermati konsep dan format yang ada dalam kitab tafslr al-Tibyiin karya KH. Ahmad Nasrullah ini penulis dapat menyimpulkan bahwa penafsirannya menggunakan metode taJJfili, yang merupakan jawaban atas kegelisahan santri dalam studi tafslrdengan metode ijmali yang terdapat didalam tafslr Jaliilain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Indal Abrar M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metodologi Kitab Al-Tibyin fi Tafslr Ayat al-Al}kiim min Al-Qur,an
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2019 11:20
Last Modified: 16 Jul 2019 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35732

Actions (login required)

View Item View Item