ISLAM DAN PERSOALAN IDENTITAS PADA ERA GLOBALISASI (Studi Atas Pandangan dan Gerakan Hizbut Tahrir Indonesia dalam l\'f~r~pons Globalisnsi)

AGUSHILMAN, NIM. 03541531-01 (2007) ISLAM DAN PERSOALAN IDENTITAS PADA ERA GLOBALISASI (Studi Atas Pandangan dan Gerakan Hizbut Tahrir Indonesia dalam l\'f~r~pons Globalisnsi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM DAN PERSOALAN IDENTITAS PADA ERA GLOBALISASI (Studi Atas Pandangan dan Gerakan Hizbut Tahrir Indonesia dalam l\'f~r~pons Globalisnsi))
0354153101 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ISLAM DAN PERSOALAN IDENTITAS PADA ERA GLOBALISASI (Studi Atas Pandangan dan Gerakan Hizbut Tahrir Indonesia dalam l\'f~r~pons Globalisnsi))
0354153101 BAB II, II, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Globalisasi dalam beragam pemahamannya, tidak hanya membawa komunitas atau masyarakat dunia bertemu dalam satu ruang global, tetapi juga telah melahirkan fanatisme terhadap identitas. Karenanya, identitas menjadi wacana yang hangat dibicarakan pada era ini. Setiap komunitas berusaha menampikan identitas mereka masing-masing yang pada akhimya juga menunjukkan penguatan identitas agama. Tragedi 9/11, munculnya Perda-perda Syari' ah, dan lain sebagainya merupakan bagian dari contoh terse but. Dari kenyataan itulah penelitian ini dilakukan. Dalam penelitian ini, penulis mengamati bagaimana penguatart identitas Islam itu terjadi dengan mengamati pandangan dan gerakan Hizbut Tahrir Indonesia dalam merespons globalisasi. Setelah mengetahui bagaimana pandangan Hizbut Tahrir Indonesia terhadap globalisasi, sekilas penulis juga mengamati bagaimana gerakan yang dibangun HTI untuk merespons globalisasi sesuai dengan pandangannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penulis menggunakan metode studi kepustakaan (library research) yang menitikberatkan pada analisa terhadap datadata dokume dan pustaka. Untuk menarnbah analisa, pencarian data juga dilakukan dengan wawancara. Melalui metode ini disajikan dengan deskriptifanalitis agar rnemperoleh analisa yang dalam. Ada beberapa hal yang ditemukan dalam penelitian ini. Pertama, globalisasi dalam pandangan Hizbut Tahrir merupakan penjajahan negara kafir. Barat yang sekuler terhadap Islam hingga sekarang ini, seperti di Indonesia, lrak, Afghanistan, dan di berbagai negeri Islam lainnya. Globalisasi sama dengan hegemoni Barat. Dibalik globalisasi terdapat sekularisme sebagai ideologi yang melahirkan nasioanlisme, kapitalisme, dan demokrasi. Kedua, selain menggunakan penjajahan ekonomi, Barat melancarkan perang pemikiran untuk menghancurkan Islam. Bagi HTI, dengan Barat dapat menghancurkan Islam. Oleh karena itu, HTI merespons globalisasi dengan cara, pertama, memilih perang pemikiran untuk melawan globalisasi. Karena Barat melemahkan Islam melalui pemikiran, maka harus juga dilawan dengan pemikiran. Untuk mencapai itu, gerakan penyadaran umat dilakukan oleh HTI dengan cara membetuk kelompokkelompok (ha/aqah), penyebaran buletinjum'at, seminar, dan propaganda melalui aksi massa. Kedua, adanya penguatan identitas Islam di dalam pandangan dan gerakan HTI karena melihat bahwa globalisasi dimotori oleh negara Barat yang nota bene adalah umat Kristen dan Yahudi. Pada kenyataannya negara-negara Barat menghancurkan dan memeras negara-negara Islam melalui sistem globalisasi. Khilafah Islamiyah dan kembali kepada syari 'at Islam merupakan salah satu identitas Islam yang harus dimunculkan untuk merespons globalisasi. Akhimya, globalisasi memberikan andi I dalam menguatkan pertalian identitas kolektif dalam masyarakat Islam. Konflik dan benturan yang meminggirkan kemudian memberikan dampak pada kontruksi identitas, sebagaimana terlihat dalam gerakan Hizbut Tahrir Indonesia ketika merespons globalisasi. Wa/lahu A 'lam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ustadi Hamzah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Identitas Islam, globalisasi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2019 11:49
Last Modified: 16 Jul 2019 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum