KAJIAN PENGARUH PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia) DAN LEMON (Citrus limon) SEBAGAI BAHAN PENGKELAT DALAM PROSES PERBAIKAN MUTU MINYAK GORENG BEKAS

Firda Rifatun Nisa, NIM. 13630046 (2019) KAJIAN PENGARUH PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia) DAN LEMON (Citrus limon) SEBAGAI BAHAN PENGKELAT DALAM PROSES PERBAIKAN MUTU MINYAK GORENG BEKAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN PENGARUH PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia) DAN LEMON (Citrus limon) SEBAGAI BAHAN PENGKELAT DALAM PROSES PERBAIKAN MUTU MINYAK GORENG BEKAS)
13630046_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN PENGARUH PENAMBAHAN SARI JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia) DAN LEMON (Citrus limon) SEBAGAI BAHAN PENGKELAT DALAM PROSES PERBAIKAN MUTU MINYAK GORENG BEKAS)
13630046_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari jeruk nipis dan lemon sebagai bahan pengkelat terhadap mutu minyak goreng bekas. Penelitian yang dilakukan meliputi tahap degumming, netralisasi, bleaching, dan uji mutu minyak goreng dengan parameter berupa bau, warna, bilangan asam, bilangan peroksida, kejernihan, dan kadar Fe. Pada penelitian ini digunakan variasi konsentrasi (1%, 2%, 3%) dan suhu (45ºC, 60ºC, 70ºC) dengan waktu pengadukan selama 60 menit. Minyak hasil perbaikan mutu diuji bau dan warna dengan uji organoleptik, uji bilangan asam dan bilangan peroksida dengan metode titrasi. Uji kejernihan minyak ditentukan dengan spektrofotometer UV-Vis dan penetapan kadar Fe dengan AAS. Hasil analisis menunjukkan bahwa jeruk nipis dan lemon berpengaruh terhadap mutu minyak goreng. Minyak goreng hasil perbaikan mutu memiliki kadar Fe terbaik sebesar 1,209 mg/kg yaitu pada minyak hasil bleaching menggunakan lemon pada suhu 60ºC dengan konsentrasi 3%. Kadar Fe memenuhi standar yang telah ditetapkan dalam SNI 3741:2013 yaitu dengan kadar Fe maksimal sebesar 1,5 mg/kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fatchul Anam Nurlaily, S.T.P., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Minyak Goreng, Jeruk Nipis, Lemon, Kompleksometri
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Feb 2020 08:11
Last Modified: 28 Feb 2020 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum