MODIFIKASI TEORITIK FEOFITIN MENGGUNAKAN ATOM Cu, Ni, DAN Zn SEBAGAI SENYAWA PEMEKA ENERGI ALTERNATIF SEL SURYA BERBASIS DSSC

Zidni Rahmatika, NIM. 14630023 (2019) MODIFIKASI TEORITIK FEOFITIN MENGGUNAKAN ATOM Cu, Ni, DAN Zn SEBAGAI SENYAWA PEMEKA ENERGI ALTERNATIF SEL SURYA BERBASIS DSSC. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODIFIKASI TEORITIK FEOFITIN MENGGUNAKAN ATOM Cu, Ni, DAN Zn SEBAGAI SENYAWA PEMEKA ENERGI ALTERNATIF SEL SURYA BERBASIS DSSC)
14630023_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODIFIKASI TEORITIK FEOFITIN MENGGUNAKAN ATOM Cu, Ni, DAN Zn SEBAGAI SENYAWA PEMEKA ENERGI ALTERNATIF SEL SURYA BERBASIS DSSC)
14630023_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kajian teoritis penggunaan senyawa feofitin termodifikasi atom Cu, Ni, dan Zn sebagai senyawa dye sel surya tersensitasi (DSSC) telah dilakukan berdasarkan parameter energi HOMO-LUMO, lokalisasi elektron LUMO, spektra, efisiensi penyerapan cahaya, konstanta kopling, dan panjang ikatan sensitizer dengan TiO2. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pengaruh penambahan atom pusat Cu, Ni dan Zn terhadap karakteristik fotoelektrik feofitin α dan β berdasarkan kestabilan senyawa ditinjau dari tingkat energi total serta modifikasi terbaik yang mampu menghasilkan karakteristik terbaik untuk feofitin sebagai senyawa dye pada DSSC berdasarkan parameter panjang ikatan terpendek, serapan spektra terbesar ada daerah UV-Vis, kerapatan molekul tertinggi, energi HOMO-LUMO, nilai LHE tertinggi, dan ΔG injeksi terendah. Penelitian ini diawali menggambar struktur dengan Avogadro, kemudian optimasi molekul menggunakan metode DFT dan TDDFT dengan basis set 6.31G*. Intepretasi energi HOMO-LUMO dianalisis menggunakan ECCE. Spektra diperoleh dari interpretasi menggunakan aplikasi Chemcraft. Parameter efisiensi penyerapan cahaya dihitung dengan persamaan Light Harvesting Energy. Parameter konstanta kopling diperoleh dari perhitungan menggunakan persamaan energi senyawa dye pada kondisi HOMO, LUMO dan energi TiO2. Parameter panjang ikatan atom pusat-ligan dan sensitizer-TiO2 menggunakan metode DFT dengan software Avogadro. Berdasarkan basis set yang digunakan ketelitian metode yang digunakan sebesar 89,27 % dan 96,09 %. Senyawa yang memiliki kestabilan terbaik adalah Zn Feofitin β dengan total energi sebesar -4594,713 kJ/mol Parameter menunjukkan panjang ikatan atom pusat-ligan terbaik adalah Ni Feofitin α; energi HOMO-LUMO terbaik diperoleh Feofitin α dengan nilai energi LUMO sebesar -2,6349 eV dan nilai energi HOMO sebesar -4,7282 eV; spektra terbaik diperoleh oleh Zn Feofitin β dengan serapan pada panjang gelombang 386,77 nm dan 536,15 nm; efisiensi penyerapan cahaya (LHE) terbaik adalah Zn Feofitin β; konstanta kopling (Vrp) terbaik yaitu Cu Feofitin α; dan panjang ikatan dye dengan TiO2 terbaik adalah Feofitin β. Berdasarkan parameter diatas modifikasi terbaik untuk DSSC yaitu Zn Feofitin β > Zn Feofitin α > Feofitin β> Feofitin α > Cu Feofitin β> Ni Feofitin α > Ni Feofitin β > Cu Feofitin α. Kata Kunci: Feofitin α dan β, DFT, DSSC, energi HOMO-LUMO, Vrp, dan LHE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sudarlin, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Feofitin α dan β, DFT, DSSC, energi HOMO-LUMO, Vrp, dan LHE
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2019 10:23
Last Modified: 17 Jul 2019 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum