PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYANGGA DAN HIDROLISIS

Awalia Rakhmawati, NIM. 14670002 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYANGGA DAN HIDROLISIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYANGGA DAN HIDROLISIS)
14670002_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYANGGA DAN HIDROLISIS)
14670002_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memudahkan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa, seperti multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia yang dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon peserta didik. Pengembangan multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia mengunakan desain penelitian Research and Development dengan model 4-D yang dibatasi pada tahap develop. Teknik pengumpulan data untuk mengakaji kualitas produk dan respon peserta didik menggunakan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala lima berisi lima aspek untuk mengetahui kualitas produk dan lembar respon skala dua yang berisi lima aspek untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji kualitas dan respon peserta didik yaitu mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, sehingga dapat ditentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini menghasilkan multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash Proffesional CS6 dengan menggabungkan tiga level representasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yanng dikembangkan memiliki kualitas sangat baik menurut tiga pendidik kimia SMA/MA dengan presentase keidealan sebesar 86,25%. Sedangkan respon peserta didik terhadap produk mendapatkan presentase keidealan sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, tutorial, representasi kimia
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:51
Last Modified: 02 Mar 2020 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum