STUDI KOMPARATIF ANTARA MAZHAB MALIKI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG WAKAF SECARA TEMPORAL DAN PENGARUHNYA DALAM KHI DI INDONESIA

M. NOR IKHSAN, NIM. 00360418 (2006) STUDI KOMPARATIF ANTARA MAZHAB MALIKI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG WAKAF SECARA TEMPORAL DAN PENGARUHNYA DALAM KHI DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF ANTARA MAZHAB MALIKI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG WAKAF SECARA TEMPORAL DAN PENGARUHNYA DALAM KHI DI INDONESIA)
00360418_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF ANTARA MAZHAB MALIKI DAN MAZHAB SYAFI'I TENTANG WAKAF SECARA TEMPORAL DAN PENGARUHNYA DALAM KHI DI INDONESIA)
00360418_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Dalam agama Islam harta wakaf menempati kedudukan yang penting untuk menscjahterakan dan menunjang dinamika kehidupan, baik dari segi ibadah maupun kegiatan kemasyarakatan Jainnya. Nilai ekonomi sosial yang terkandung di dalamnya tentu sangat crat dcngan kepentingan umum, bahkan bisa menjadi suatu aset untuk membangun masyarakat yang makmur dan bertaqwa kepada Allah SWT. Namun demikian, dalam pe~jalanannya, terkad~mg timbul permasalahan yang bcrkisar pada adanya kchcndak si pewakaf untuk memberikan tempo atau jangka waktu terhadap harta yang ingin diwakaH.:anya agar kelak ~•isa diambil kembali menjadi miliknya. Dalam masalah ini penyusun mencoba membc;:rikan altemasi solusi dengan memaparkan pendapat mazhab Maliki dan mazhab Syafi'1, terutama dari segi hukum dan istMliif yang mereka gunakan. Dan dari sini pulct dapat dilihat perbedaan dan pcrsamaan pendapat dalam memccahkan masalah tcrsrbut, yang kemudian penyusun juga berupaya mencari korelasi antara dua pendapat mazhab tersebut dan pengaruhnya terhadap KHI di Indonesia. Di sinilah letak relevansi menguak kembali pendapat dua mazhab di mana satu sama lain-walaupun keduanya te:rjalin hubungao guru-muridkadang ter!ihat kontroversial, salah satunya dalam rnasalah yang sedang penyusun teliti In I. Guna penelitian skripsi ini, penyusun meJtggunakan pt~rangkat analisis deskriptU:anaLitis-komparatff sebagai acuan untuk memperoleh data y<mg akurat dan obycktif. Selanjutnya, perangkat analisis tersebut d.ijabarkan deng:m pola nal.ar normatif, yaitu berupaya menjelaskan tentang masalah penarikan k~mbali harta wakaf yang ber. umber uari mazhab Mnliki dan mazhab Syafi'"I yang kemudian kedua pendapm tersebut ol .. h p ·nyusun dijnc..likan dasar pijak<c~n untuk me1lihat sejauh mana pengaruh ked ua pcndnpat mazhab itu lerhadap KI-11 yang telah berlaku di Indonesia. Masa lah mendasar yang menjndi perbedaan dari kedua mazhab tersebut dalam mengistinbat hukum. Mazhab Maliki berpendapat bolchnya melakukan wakaf secara temporal atau tidak mcnyatakan untuk selama-lamanya dalam mev.akafkan harta tersebut, dan kcmudian boleh untuk ditarik kembali, scdangkan rrazhab Syafi'j herpendapat mcmberikan tempo waktu dalam bcnvakaf tidaklah sah, apalagi nanti ingin ditarik kembali, karena salah satu syarat clalam berwakaf tidak terpenuhi yaitu untuk selama-larnanya. Umat Islam di Indonesia scbagian besar mcnganut mazhab Syiifi'1, sehingga pcndapat nwzhab ini dalam KHI sangat bcrpengaruh di dalamnya, salah satunya bisa dilihat dalmn masalah perwakafan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: l. Drs. H. A. MALIK MADANY, MA. 2. SITI DJAZIMAH, S. Ag., M. SI.
Uncontrolled Keywords: STUDI KOMPARATIF, MAZHAB MALIKI, MAZHAB SYAFI'I, WAKAF SECARA TEMPORAL, KHI DI INDONESIA
Subjects: Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jul 2019 14:09
Last Modified: 17 Jul 2019 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35777

Actions (login required)

View Item View Item