PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PENGENALAN UNSUR KIMIA “NINA” BERBASIS ANDROID

Ismi Dyah Widuri, NIM. 14670028 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PENGENALAN UNSUR KIMIA “NINA” BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PENGENALAN UNSUR KIMIA “NINA” BERBASIS ANDROID)
14670028_Ismi Dyah Widuri_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PENGENALAN UNSUR KIMIA “NINA” BERBASIS ANDROID)
14670028_Ismi Dyah Widuri_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Salah satu implementasi kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yang sedang banyak dikembangkan yaitu aplikasi pada mobile smartphone. Disisi lain, terdapat sebuah ilmu pengetahuan yang menarik untuk mengangkatnya lalu kemudian menggabungkannya dengan suatu teknologi informasi yang sedang berkembang, yaitu ilmu kimia. Maka dari itu, diperlukan sebuah media yang dapat digunakan untuk mengenalkan ilmu kimia pada anak semenjak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dalam bentuk game edukasi yang memuat konten pengenalan unsur kimia, kegunaan senyawa dalam kehidupan sehari-hari serta simbol bahan kimia berbahaya yang dikemas dalam permainan petualangan NINA. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kualitas dan menganalisis persepsi pengguna terhadap produk game “NINA” yang dikembangkan. Pengembangan game edukasi pengenalan unsur kimia “NINA” berbasis android dikembangkan dengan mengadaptasi model 4-D yang meliputi tahapan definisi (define), perancangan (design), pengembangan (development). Kualitas produk yang dikembangkan diuji dengan metode expert judgement menggunakan instrumen lembar angket penilaian ahli untuk mendapatkan skor kualitas. Kajian persepsi pengguna terhadap produk dilakukan dengan metode analisis respon pengguna dengan menggunakan instrumen lembar angket untuk mengkaji persepsi pengguna berupa data persepsi pengguna. Telah dikembangkan game edukasi pengenalan unsur kimia berbasis android bernama “NINA” sebagai media berbagi pengetahuan atau sharing knowledge ilmu kimia yang berkaitan mengenai pengenalan unsur kimia, senyawa dan kegunaannya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta pengenalan simbol-simbol bahan kimia berbahaya dan cara penanganannya. Berdasarkan hasil uji kulitas oleh ahli materi bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) pada aspek materi dan kebahasaan. Hasil uji kualitas oleh ahli media terhadap produk yang dikembangkan masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan penilaian pada aspek button, teks, tampilan audio dan visual serta karakteristik produk. Sedangkan, hasil kajian persepsi pengguna menunjukan bahwa sebagian besar pengguna merespon Sangat Baik (SB) game edukasi “NINA” dengan skor rata-rata 95,73.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: NINA, unsur kimia, sharing knowledge, game edukasi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:51
Last Modified: 02 Mar 2020 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum