ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL

Ferlina Cahyusari, NIM. 14680030 (2019) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL)
14680030_BAB -I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL)
14680030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dengan Certainty of Response Index (CRI) pada materi fungi di kelas X SMA N 1 Srandakan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan (1) untuk mengetahui besar persentase siswa yang mengalami miskonsepsi, tahu konsep, dan tidak tahu konsep pada materi fungi, dan (2) untuk mengetahui sub konsep apa yang paling banyak terdapat kesalahan siswa dalam menjawab soal, sehingga menjadi dampak miskonsepsi terkuat. Subyek penelitian yaitu kelas X.1 SMA N 1 Srandakan Bantul dengan menggunakan instrumen butir soal pilihan ganda yang disertai lembar respon CRI. Siswa diharapkan menyertakan skala CRI (0 - 5) pada setiap jawaban soal sesuai dengan tingkat keyakinannya. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan membandingkan benar tidaknya jawaban yang dipilih siswa dengan menggunakan skala CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih ditemukan pada beberapa sub konsep materi fungi. Besar persentase miskonsepsi siswa yang terjadi pada materi tersebut yaitu sebesar 31,33%, siswa yang tahu konsep sebesar 16,17%, dan siswa tidak tahu konsep sebesar 52,5%. Siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab soal yaitu pada subkonsep simbiosis fungi dan peran fungi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Fungi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:54
Last Modified: 02 Mar 2020 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum