PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DISERTAI E-MODUL BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMP

Elvara Norma Aroyandini, NIM. 15680025 (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DISERTAI E-MODUL BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DISERTAI E-MODUL BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMP)
15680025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DISERTAI E-MODUL BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI SISWA SMP)
15680025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar mandiri untuk siswa SMP berupa game edukasi berbasis android disertai e-modul bermuatan keIslaman pada materi klasifikasi makhluk hidup serta untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar mandiri yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Develomoent (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket kualitas produk untuk ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru biologi, serta lembar angket respons siswa. Produk yang dihasilkan dinilai kualitasnya oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, dan 2 guru biologi, dan 15 siswa MTsN 3 Sragen, Jawa Tengah. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas produk menurut ahli, peer reviewer, dan gurubiologi adalah Sangat Baik, dengan persentase keidealan sebesar 95,14%, sementara respons siswa menyatakan bahwa kualitas produk adalah sangat baik, dengan persentase keidealan 100%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar mandiri berupa game edukasi disertai e-modul bermuatan keIslaman bagi siswa SMP pada materi klasifikasi makhluk hidup ini memiliki kualitas sangat baik, sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri bagi siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Annisa Firanti, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: bahan ajar mandiri, e-modul, game edukasi, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:56
Last Modified: 02 Mar 2020 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum