PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Fajar Azis Utama, NIM. 15680026 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL)
15680026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL)
15680026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap aktivitas belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua kelas X MIPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan non tes, dengan instrumen berupa lembar angket aktivitas belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi pokok vertebrata. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney (U-test) untuk menguji aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap aktivitas belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig sebesar 0,001 yang berarti nilai sig < 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig sebesar 0,006 yang berarti nilai sig < 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, numbered heads together
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:56
Last Modified: 02 Mar 2020 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum