IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTA

Ade Kosasih, NIM. 12660024 (2019) IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTA)
12660024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTA)
12660024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metode yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas suatu pelayanan jasa berdasarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Dari segi pelanggan, kualitas suatu pelayanan jasa merupakan hal yang harus ada di dalam suatu jasa pelayanan, khususnya jasa transportasi yang mengutamakan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui atribut apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan terhadap pelayanan jasa trasnportasi di ETON Rent Car sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas jasa pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan QFD hingga fase design deployment. Hasil dari penelitian ini adalah berupa matriks House of Qualityyang dihasilkan pada QFD fase 1 dan matriks design deployment pada QFD fae 2. Pada matriks House of Quality menghasilkan 6 karakteristik teknis yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas yaitu Service (K1), Penjelasan Atas Keluhan Kendaraan (K2), Kecepatan dalam Melayani (K3), Keramahan dan Kesopanan Staff (K4), Solusi Atas Keluhan Kendaraan (K5) dan Kenyamanan Kendaraan (K6). Sedangkan pada matriks design deployment dihasilkan 13 part of specification yang merupakan hasil breakdown dari karakteristik teknis yaitu Tersedianya Kotak Saran Ditiap Unit (S1), Custemers Service 24 Hours Per Day (S2), Terjadwalnya Service Unit Kendaraan (S3), Tampilan Unit (S4), Sertifikasi Driver (S5), Meningkatkan Kemampuan Driver (S6), Meningkatkan Kemampuan Staff Officce (S7), Sertifikasi Profesional Staff (S8), Standarisasi Keamanan Unit (S9), Upgrade Cabin Unit (S10), Modernisasi Unit (S11), Edukasi Etika (S12) dan Seleksi Staff dan Driver (S13).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Quality Function Deployment, House of Quality, Design Deployment, Peningkatan Kualitas, Jasa Transportasi
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:56
Last Modified: 02 Mar 2020 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum