Pedagogi Kesetaraan dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat: Refleksi Diri sebagai Feminis Muslim di Aisyiyah Pedagogy of Equality in the Family, Schools, and Society: Self-Reflection as Muslim Feminist in Aisyiyah

Qibtiyah, Alimatul (2016) Pedagogi Kesetaraan dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat: Refleksi Diri sebagai Feminis Muslim di Aisyiyah Pedagogy of Equality in the Family, Schools, and Society: Self-Reflection as Muslim Feminist in Aisyiyah. Jurnal Perempuan, 21 (3). pp. 1-27. ISSN 1410-153X

[img]
Preview
Text (Pedagogi Kesetaraan dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat: Refleksi Diri sebagai Feminis Muslim di Aisyiyah Pedagogy of Equality in the Family, Schools, and Society: Self-Reflection as Muslim Feminist in Aisyiyah)
1 PEDAGOGI FEMINIS ALIMATUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pedagogi feminis adalah suatu strategi untuk mencapai nilai kesetaraan gender dalam dunia pendidikan baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat. Ketika hal ini dilaksanakan tidak hanya perempuan atau siswi yang mempunyai kehidupan lebih baik tetapi laki-laki (siswa) dan anak juga akan mempunyai kehidupan yang lebih damai dan tanpa diskriminasi. Bagi penulis pedagogi feminis dan juga perjuangan kesetaraan gender tidak hanya sebagai slogan gerakan tetapi juga benar-benar diimplementasikan dalam tiga level kehidupan penulis tersebut. Tulisan ini mengupas pengalaman penulis dalam mengimplementasikan pedagogi feminis, baik dalam keluarga, sekolah/kampus dan juga masyarakat, terutama organisasi perempuan Muhammadiyah, Aisyiyah. Tulisan ini hasil dari studi pustaka dan refleksi pengalaman penulis sendiri. Penulis mempunyai pengalaman 19 tahun berkeluarga, selama 20 tahun mengajar, dan 23 tahun aktif di organisasi perempuan. Di setiap implementasi pedagogi feminis, penulis menghadapi tantangan yang tidak mudah. Hal ini terutama terkait dengan beragamnya pemikiran yang ada di masyarakat. Namun berdasarkan lesson-learned dari testimoni anak didik ataupun peserta kajian, menunjukkan bahwa penerapan pedagogi feminis menghasilkan kenyamanan proses pembelajaran dan juga perubahan mindset peserta terutama terkait dengan ide-ide Islam berkemajuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Feminist pedagogy, experiences, family, Islamic feminism, Aisyiyah.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Aug 2019 10:19
Last Modified: 01 Aug 2019 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum