PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL PEKERJA DALAM PERJANJIAN KONTRAK KERJA PADA PT. JOGJATEK 2002-2004

HERY SUKIRNO, NIM. 00380218 (2005) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL PEKERJA DALAM PERJANJIAN KONTRAK KERJA PADA PT. JOGJATEK 2002-2004. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL PEKERJA DALAM PERJANJIAN KONTRAK KERJA PADA PT. JOGJATEK 2002-2004)
00380218_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL PEKERJA DALAM PERJANJIAN KONTRAK KERJA PADA PT. JOGJATEK 2002-2004)
00380218_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam perjanjian kerja terdapat hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya. Salah satu tujuan dari perjanjian kerja itu adalah terpenuhinya hak dan kewajiban antara dua belah pihak yang mengikatkan diri dalam sebuah perjanjian. Salah satu hak pekerja yang merupakan kewajiban pengusaha terhadap pekerjanya adalah memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi seluruh pekerjanya. Dalam perjalanannya tidak semua hal yang telah ada dalam perjanjian terlaksana sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari pekerja atau pengusaha sendiri. Masih adanya tindakan pengusaha bertindak eksploiratif terhadap pekerja dengan indikasi kurang perhatian pengusaha dalam rangka pelaksanaan jaminan sosial dan usahausaha pendukungnya mengenai jaminan kecelakaan kerja dan jaminan pemeliharaan kesehatan pekerja yang pada akhimya timbulnya hubungan kerja antara pekerja dan pengusaha yang kurang harmonis sehingga berdampak negatif terhadap kedua belah pihak. Dalam rangka membatasi kajian penelitian, penyusun hanya memfokuskan penelitian ini pada pelaksanaan jaminan sosial pekerja pada PT. Jogjatek. Penelitian ini untuk menilai apakah pelaksanaan jaminan sosial pekerja telah memenuhi ketentuan hukum Islam khususnya ijarah 'ala al-'Amal dan pinsipprinsip dalam muamalah. Mengenai Pelaksanaan jaminan sosial di PT. Jogjatek, perusahaan mengikutkan para pekerja dalam program jaminan sosial. Dengan demikian jika para pekerja mengalami musibah baik itu dari segi ekonomis maupun sosial, maka mereka akan mendapatkan santunan berupa uang sebagai timbal balik pekerja mengikatkan diri dalam perjanjian di PT. Jogjatek. J enis penelitian ini field research, pendekatan yang digunakan penyusun adalah pendekatan normatif, yakni dengan cara melihat pelaksanaan jaminan sosial di PT. Jogjatek menurut ketentuan prinsip-prinsip hukum Islam. Untuk dapat mengetahui pelaksanaan jaminan sosial diperlukan analisa dengan menggunakan prinsip muamalah Islam yakni pada prinsipnya segala bentuk muamalah itu mubah, dilakukan atas dasar sukarela tanpa paksaan, mendatangkan manfaat menghindarkan madarat, memlihara nilai keadilan, menghindarkan unsur paksaan dan dan pengambilan kesempatan dalam kesempitan yang bersumber pada al-Qur'an dan ijadis. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan jaminan sosial pekerja dalam perjanjian kerja telah sejalan dengan ketentuan hukum Islam yakni dari segi perjanjian kerja dan prinsip-prinsip muamalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs.A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si 2. H.SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: JAMINAN SOSIAL PEKERJA, PERJANJIAN KONTRAK KERJA, PT. JOGJATEK
Subjects: Hukum Islam > Jaminan Sosial - BPJS - Pekerja
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Jul 2019 08:55
Last Modified: 18 Jul 2019 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum