PENGEMBANGAN ALGORITMA TABU SEARCH PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM FOR HALAL NON HALAL PRODUCT DISTRIBUTION (TS-CVRP-HNPD) UNTUK OPTIMISASI DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL

Asfin Handoko, NIM. 15660048 (2019) PENGEMBANGAN ALGORITMA TABU SEARCH PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM FOR HALAL NON HALAL PRODUCT DISTRIBUTION (TS-CVRP-HNPD) UNTUK OPTIMISASI DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALGORITMA TABU SEARCH PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM FOR HALAL NON HALAL PRODUCT DISTRIBUTION (TS-CVRP-HNPD) UNTUK OPTIMISASI DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL)
15660048_BAB-I_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALGORITMA TABU SEARCH PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM FOR HALAL NON HALAL PRODUCT DISTRIBUTION (TS-CVRP-HNPD) UNTUK OPTIMISASI DISTRIBUSI PRODUK HALAL DAN NON HALAL)
15660048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tabu Search Capacitated Vehicle Routing Problem Halal Non Halal Product Distribution (TS-CVRP-HNPD) merupakan sebuah algoritma metaheuristik berbasis Tabu Search yang dapat mengoptimalkan total biaya pendistribusian produk halal dan non halal namun tetap menjaga integritas kehalalan suatu produk halal dengan cara menentukan rute terpendek. TS-CVRP-HNPD merupakan pengembangan dari model matematis CVRP-HNPD oleh Rosdiahti (2018) dimana model CVRP-HNPD yang dikembangkan untuk distribusi halal dan non halal belum dapat menyelesaikan permasalahan dalam skala besar. Algoritma TS-CVRP-HNPD dikembangkan dalam kerangka algoritma metaheuristik berbasis Tabu Search yang dibuat menggunakan software MATLAB 2013a. Algoritma ini bertujuan untuk mengoptimalkan total biaya pendistribusian produk halal dan non halal dengan jumlah retailer yang banyak dan waktu yang lebih singkat, serta dapat diterapkan pada semua studi kasus perusahaan yang termasuk dalam permasalahan CVRP-HNPD. Berdasarkan hasil running program dapat diketahui bahwa algoritma TS-CVRP-HNPD dapat menyelesaikan permasalahan CVRP-HNPD dalam jumlah retailer banyak dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Algoritma juga disertai ilustrasi sketsa plot rute atau titik-titik retailer yang dikunjungi sehingga lebih representatif. Pada studi kasus dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa TS-CVRP-HNPD dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahan yang berjumlah 43 retailer dengan solusi optimal yaitu biaya distribusi sebesar Rp. 605.378 dan waktu run time yang dibutuhkan sekitar 59, 83 detik. Kata kunci : CVRP, metaheuristik, Tabu Search, Kendaraan halal dan non halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M. Eng., Ph. D
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : CVRP, metaheuristik, Tabu Search, Kendaraan halal dan non halal.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Mar 2020 09:37
Last Modified: 03 Mar 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum