PENERAPAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA DARI PERSPEKTIF LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SMP N 4 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

HARDIANTI, NIM. 15410038 (2019) PENERAPAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA DARI PERSPEKTIF LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SMP N 4 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
15410038_PRA BAB_BAB I_BAB IV_DAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15410038_BAB II_DAN_BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HARDIANTI: Penerapan Nilai Toleransi Beragama dari Perspektif Living Values Education (LVE) di SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Fokus penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui secara rinci mengenai bagaimana menghidupkan nilai-nilai khususnya nilai toleransi di SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta jika dilihat dari perspektif Living Values Education (LVE). Dalam penelitian ini penulis meneliti SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta karena merupakan salah satu sekolah terbaik dan berstandar nasional, berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan bahwa sekolah tersebut telah berhasil menerapkan nilai-nilai toleransi antar warga sekolah yang berbeda-beda latar belakangnya, budaya, status ekonomi dan khususnya agama. Dalam keseharian, siswa SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta sudah sangat mengamalkan nilai-nilai toleransi yang mana semua itu bisa terlihat dari cara bergaul, belajar, bermain dan lain sebagainya. Walaupun SMP N 4 Depok Sleman Yogyakarta mayoritas siswanya berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, hal itu tidak menyulitkan para pendidik untuk menanamkan nilai toleransi untuk hidup saling berdampingan satu sama lain, hal ini dapat dilihat dari cara siswa berinteraksi satu sama lain penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan atau kepada responden, menggunakan pendekatan kualitatif interaktif (interactive research) pendekatan fenomenologis, dalam skripsi ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan data dengan 2 teknik triangulasi yaitu triangulasi Sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep toleransi beragama di SMP Negeri 4 Depok Sleman sesuai dengan perspektif masing-masing agama yang dianut oleh seluruh warga sekolah. Penerapan nilai toleransi beragama dilihat dari perspektif Living Values Education (LVE) baru sebatas menumbuhkan kesadaran belum kepada level menghidupkan nilai karena jika menggunakan sudut pandang Living Values Education (LVE) untuk menerapkan nilai toleransi beragama harus berangkat dari kesadaran masing-masing akan toleransi dan setiap individu merasa butuh akan nilai toleransi beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M,Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Toleransi Beragama, Living Values Education (LVE).
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:32
Last Modified: 03 Mar 2020 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum