PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MEMFASILITASI SISWA TUNARUNGU PADA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMALB B

Ragil Ristiyanti, NIM. 13690051 (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MEMFASILITASI SISWA TUNARUNGU PADA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMALB B. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MEMFASILITASI SISWA TUNARUNGU PADA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMALB B)
13690051_RAGIL RISTIYANTI_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MEMFASILITASI SISWA TUNARUNGU PADA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMALB B)
13690051_RAGIL RISTIYANTI_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan ganggguan pendengaran atau sering disebut Tunarungu memiliki kebutuhan khusus termasuk dalam hal belajar. ABK atau siswa tunarungu di sekolah seringkali mengalami kesulitan dalam hal belajar karena fasilitas belajar yang kurang sesuai dengan kebutuhan mereka. Fasilitas yang disediakan di sekolah luar biasa jurusan B (SLB B) kurang memeperhatikan aspek visual dan motorik pada siswa tunarungu, padahal kedua aspek tersebut merupakan aspek yang paling menonjol dari siswa tunarungu. Keadaan tersebut menjadikan siswa tunarungu kesulitan dalam hal belajar terutama mata pelajaran dengan materi yang bersifat abstrak seperti materi getaran, gelombang dan bunyi pada mata pelajaran fisika. Pop-up book adalah buku tiga dimensi yang menekankan aspek visual pada desainnya sehingga dapat membantu siswa tunarungu dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul fisika berbasis pop-up book serta mengetahui kualitas dan respon siswa terhadap modul fisika yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R & D) dengan model prosedural yang bersifat deskriptif dan dibatasi hanya pada tahap pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah modul fisika yang termasuk dalam kategori baik dengan presentase keidealan menurut ahli materi adalah 83,75%, ahli media 81,50% dan guru IPA/Fisika SMALB sebesar 80,00%. Respon siswa menunjukkan hasil uji coba skala kecil coba adalah sebesar 78,26% dan uji skala luas sebesar 85,49%. Kata kunci: Tunarungu, SMALB B, modul fisika, pop-up book.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tunarungu, SMALB B, modul fisika, pop-up book.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:36
Last Modified: 04 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum