PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Fuad Wafa, NIM. 13690055 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI)
13690055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI)
13690055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar interaktif untuk mata pelajaran fisika pada materi usaha dan energi, (2) mengetahui kelayakan, dan (3) mengetahui respon/tanggapan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Model Pengembangan Multimedia oleh Frey & Sutton (2010) yang meliputi 10 tahapan pengembangan: (1) menentukan tujuan intruksional, sasaran, dan audien, (2) meninjau dan menyelidiki opsi yang ada, (3) menentukan format, anggaran, dan timeline, (4) menentukan konten, kegiatan, dan strategi penilaian, (5) mengembangkan strategi evalusi, kriteria, dan intsrumen untuk menentukan efektifitas produk, (6) mengembangkan diagram alur, peta konsep, dan/atau storyboard, (7) membuat prototype, (8) melakukan evaluasi formatif, (9) menyelesaikan desain, (10) melakukan evaluasi sumatif produk dan proses. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli multimedia, dan peserta didik. Sedangkan objeknya adalah bahan ajar interaktif mata pelajaran fisika materi usaha dan energi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik penilaian dan survei. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar penilian ahli (materi dan multimedia) dan lembar survei peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengembangan bahan ajar interaktif untuk mata pelajaran fisika pada materi usaha dan energi berupa aplikasi mobile (android); (2) Kelayakan bahan ajar interaktif berdasarkan materi dan multimedia termasuk dalam kategori sangat layak digunakan; (3) Respon dari 25 peserta didik menunjukan bahwa peserta didik sangat setuju mudah mengeksekusi (install) aplikasi bahan ajar interaktif, peserta didik setuju mudah menggunakan bahan ajar interaktif dalam mempelajari materi usaha dan energi, peserta didik setuju mudah memahami materi usaha dan energi dengan menggunakan bahan ajar interaktif, (4) peserta didik setuju merasa menarik mempelajari materi usaha dan energi pada bahan ajar interaktif, (5) peserta didik setuju merasa aman menggunakan aplikasi bahan ajar interaktif dan tidak membahayakan bagi smartphone, (6) peserta didik setuju aplikasi bahan ajar interaktif materi usaha dan energi bersifat inovatif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan (7) peserta didik setuju adanya aplikasi bahan ajar interaktif untuk mengatasi permasalahan peserta didik yang sulit memahami materi usaha dan energi. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Interaktif, Materi Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rachmad Resmiyanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Interaktif, Materi Usaha dan Energi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:37
Last Modified: 04 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum