PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII

UMI SALAMAH, NIM. 14690019 (2019) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII)
14690019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII)
14690019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains materi cahaya untuk SMP/MTs kelas VIII, (2) mengetahui kelayakan dari panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains materi cahaya untuk SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan mengacu pada model prosedural 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap develop, dibatasi sampai pada tahap penilaian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes dengan metode angket dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen penilaian produk dan lembar penilaian produk. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data Kualitatif berupa saran-saran dan masukan dari penilai sedangkan data kuantitatif berupa skor yang diperoleh dari penilai. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains yang memuat lima percobaan praktikum yaitu percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung, lensa cembung dan lensa cekung. Produk ini dikembangkan dengan basis keterampilan proses sains dasar yaitu mengamati, mengukur, memprediksi, menyimpulkan dan mengkomunikasikan, (2) Produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli grafika diperoleh skor 345,9. Berdasarkan pedoman penilaian kelayakan buku panduan praktikum skor 315 ≤ skor < 360 dinyatakan layak dengan predikat bagus. Kata Kunci: Panduan Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Cahaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rachmad Resmiyanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Panduan Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Cahaya.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:37
Last Modified: 04 Mar 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum