PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT (STIM) PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK SISWA PONDOK PESANTREN

Taufan Febriyanto, NIM. 14690037 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT (STIM) PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK SISWA PONDOK PESANTREN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT (STIM) PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK SISWA PONDOK PESANTREN)
14690037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINS-TEKNOLOGI-ISLAM-MASYARAKAT (STIM) PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK SISWA PONDOK PESANTREN)
14690037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat (STIM) pada materi alat optik untuk siswa pondok pesantren (2) Megetahui kualitas modul pembelajaran IPA berbasis Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat (STIM) pada materi alat optik untuk siswa pondok pesantren, dan (3) Mengetahui respon siswa dan keterlaksanaanya terhadap modul pembelajaran IPA berbasis Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat (STIM) pada materi alat optik untuk siswa pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian Reaserch and Development (R & D) dengan model prosedural yang mengadopsi prosedur penelitian pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel dengan 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop pada langkah developmental testing. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respon siswa menggunakan skala likert dengan 2 skala yang dibuat dalam bentuk cheklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah modul pembelajaran IPA berbasis Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat (STIM) pada materi alat optik untuk siswa pondok pesantren. Kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli grafika, ahli integrasi-interkoneksi, dan guru IPA memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata berturut-turut 3,62; 3,63; 3,33; dan 3,63. Respon siswa terhadap produk pada uji coba terbatas dan uji coba luas memiliki kategori Setuju (S) dengan skor rata-rata berturut-turut 0,97 dan 0,97. Keterlaksanaan modul pembelajaran IPA pada uji coba luas menunjukkan bahwa masih ada beberapa siswa yang masih bingung dengan beberapa persamaan fisikanya. Sementara pada uji keterlaksanaan masih terdapat beberapa siswa yang belum memahami persamaan-persamaan fisika pada materi alat optik. Sementara yang lain sudah dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Modul Pembelajaran IPA, STIM, Alat Optik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ika Kartika, S.Pd., M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul Pembelajaran IPA, STIM, Alat Optik
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:38
Last Modified: 04 Mar 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum