APLIKASI METODE POLARISASI TERINDUKSI KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE UNTUK IDENTIFIKASI MINERAL BIJIH BESI DI DESA BUKIT BULUH KECAMATAN SERUYAN TENGAH KABUPATEN SERUYAN KALIMANTAN TENGAH

Akhmad Fahri Muflih, NIM. 13620047 (2019) APLIKASI METODE POLARISASI TERINDUKSI KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE UNTUK IDENTIFIKASI MINERAL BIJIH BESI DI DESA BUKIT BULUH KECAMATAN SERUYAN TENGAH KABUPATEN SERUYAN KALIMANTAN TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI METODE POLARISASI TERINDUKSI KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE UNTUK IDENTIFIKASI MINERAL BIJIH BESI DI DESA BUKIT BULUH KECAMATAN SERUYAN TENGAH KABUPATEN SERUYAN KALIMANTAN TENGAH)
13620047_ BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI METODE POLARISASI TERINDUKSI KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE UNTUK IDENTIFIKASI MINERAL BIJIH BESI DI DESA BUKIT BULUH KECAMATAN SERUYAN TENGAH KABUPATEN SERUYAN KALIMANTAN TENGAH)
13620047_Akhmad Fahri Muflih_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bijih besi adalah salah satu bahan tambang yang sangat dicari karena bernilai ekonomis tinggi. Bijih besi merupakan tulang punggung industri baja sebagai bahan utama bangunan konstruksi, infrastruktur dan industri manufaktur sehingga kebutuhan besi akan terus meningkat. Seruyan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki potensi mineral bijih besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bawah permukaan berdasarkan sifat kelistrikan batuan dan mengetahui sebaran mineral bijih besi berdasarkan nilai chargeability. Penelitian ini menggunakan metode Polarisasi Terinduksi konfigurasi dipole-dipole dengan alat yang digunakan yaitu Syscal Jr switch-48. Software yang digunakan adalah Arcgis versi 10.3, dan RES2DINV versi 3.54. Hasil dari penelitian yaitu penampang resistivitas 2D yang mengindikasikan berbagai jenis batuan yaitu nilai resistivitas 18.4 sampai dengan 50.0 Ωm merupakan satuan lempung, nilai resistivitas 67.5 sampai dengan 500 Ωm merupakan satuan batu lempung dan batupasir, nilai resistivitas 910 sampai dengan 1600 Ωm merupakan satuan lempung pasiran dan 1600 sampai dengan 1743 Ωmmerupakan satuan lempung laterit. Kemudian penampang chargeability 2D mengindikasikan penyebaran mineralisasi bijih besi dengan nilai chargeability sebesar 41.1 sampai dengan 88.9 msec. Kata Kunci: Bijih besi, Polarisai Terinduksi, Chargeability, Resistivitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si 2. Muhammad Faizal Zakaria, S.Si., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bijih besi, Polarisai Terinduksi, Chargeability, Resistivitas
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:39
Last Modified: 04 Mar 2020 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum